Pendidikan

Walikota Sukabumi: Program Perpuseru Dapat Menambah Pengetahuan, Wawasan dan Keterampilan Bagi Masyarakat

Sukabumi, BEDAnews.com

Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., menyerahkan bantuan sebanyak 12 unit komputer, kepada 4 Kelurahan Reflikasi Program Perpuseru (Perpustakaan Seru) di Kota Sukabumi, antara lain Kelurahan Citamiang Kecamatan Citamiang, Kelurahan Cisarua Kecamatan Cikole, Kelurahan Warudoyong Kecamatan Warudoyong, dan Kelurahan Sindangsari Kecamatan Lembursitu, atau masing-masing kelurahan sebanyak 3 unit komputer, dari CCFI (Coca Cola Foundation Indonesia).

Bantuan tersebut diserahkan di Operation Room Setda Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 3 Maret 2017, sekaligus membuka secara resmi pelaksanaan Sosialisasi Program Perpuseru, Replikasi Perpustakaan Kelurahan, serta Pengembangan Perpustakaan Berbasis Teknologi dan Informasi.

Dalam sambutannya, Walikota Sukabumi  mengharapkan, melalui program Perpuseru ini. bisa menambah pengetahuan, wawasan dan keterampilan warga masyarakat Kota Sukabumi, melalui membaca berbagai jenis buku disiplin ilmu. Adapun yang menjadi sasaran dari pelaksanaan program Perpuseru ini, antara lain para pemuda, IRT (Ibu Rumah Tangga) dan para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

Baca Juga  Orang Tua Jangan Khawatirkan UTS Saat Ini

“Dipusipda (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah) Kota Sukabumi sendiri, dalam setiap harinya rata-rata dikunjungi oleh 270 orang warga masyarakat, dari mulai anak-anak hingga remaja dan dewasa,” jelas Walikota.

Sementara Kepala Dipusipda Kota Sukabumi, Nicke Siti Rahayu, S.H., M.H. menjelaskan, pemberian sebanyak 12 unit komputer kepada 4 Kelurahan Reflikasi Program Perpuseru di Kota Sukabumi, serta dilaksanakannya Sosialisasi Program Perpuseru, Replikasi Perpustakaan Kelurahan, serta Pengembangan Perpustakaan Berbasis Teknologi dan Informasi tersebut, merupakan tindak lanjut dari MoU (Memorandum of Understanding) atau Nota Kesepahaman Kerja Sama, antara Pemerintah Kota Sukabumi dengan CCFI Tentang Program PerpusSeru, tepatnya tanggal 14 April 2016 yang lalu, di Nusa Dua Bali.

 Sedangkan program dan kegiatan lainnya yang sudah dilaksanakan melalui MoU tersebut, diantaranya Pelatihan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Gratis kepada para mahasiswa dari sejumlah Perguruan Tinggi yang ada di wilayah Kota Sukabumi, tepatnya pada bulan Juni 2016 yang lalu, serta Pelatihan TIK Gratis kepada 100 orang warga masyarakat Kota Sukabumi, yang berminat berjualan berbagai jenis produk komoditi melalui sistim online, tepatnya tanggal 13 Agustus 2016 yang lalu, dengan instruktur dari Politeknik Unsi (Universitas Sukabumi), serta dari bukalapak.com dan dari PT Telkom Sukabumi.

Baca Juga  Pungutan-Pungutan Di SMK/SMA Harus Jelas Aturannya

Selain itu, juga Pelatihan TIK Gratis kepada jajaran pengurus dan anggota serta kader PKK dan Guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang ada di wilayah Kota Sukabumi, tepatnya pada bulan September 2016 yang lalu.

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya Pelatihan TIK Gratis tersebut, diantaranya untuk memperkenalkan sekaligus melatih warga masyarakat, supaya bisa dan paham terhadap TIK. Sedangkan untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan program dan kegiatan tersebut, Dipusipda Kota Sukabumi mendapat bantuan sebanyak 14 unit komputer, yakni sebanyak 4 unit komputer dari CCFI, dan sebanyak 10 unit komputer dari PT Telkom.

Kepala Dipusipda Kota Sukabumi mengharapkan, dengan dilaksanakannya berbagai program dan kegiatan tersebut, dapat menunjang terhadap peningkatan dan perkembangan perpustakaan di Kota Sukabumi, sekaligus meningkatkan kualitas pengetahuan, wawasan dan keterampilan warga masyarakat Kota Sukabumi dalam berbagai bidang, serta peningkatan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) Kota Sukabumi. (MAY/AMH)

Baca Juga  Kabar Gembira! Pemprov Jabar akan Berikan 3,25 Juta Kartu Kuota untuk Pelajar

 

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close