EkonomiHeadlineRegional

Masyarakat Nelayan, Keluhkan Kondisi TPI Kuala Leugeu Aceh Timur

ACEH TIMUR, BEDAnews.com – Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Kuala Leugeu Peureulak Aceh Timur, kini sudah tidak bisa digunakan secara maksimal. Apalagi saat lego jangkar kapal-kapal nelayan untuk bongkar muat, ruang yang sempit menjadi kendala tersendiri.

Belum lagi kapal-kapal nelayan yang semakin bertambah, menjadikan TPI Kuala Leugeu Peureulak Aceh Timur perlu dilakukan penataan ruang agar cukup dan memadai.

Menyikapi kondisi tersebut, Dewan Perwakilan Kabupaten (DPRK) Aceh Timur yang terdiri dari Wakil Ketua Komisi C, Muhammad, Ketua Komisi B, Azhari, anggota Komisi B, Rasyidin, dan anggota Komisi C, Samsul Bahri, didampingi Kepala Dinas Perikanan Aceh Timur, melakukan peninjauan ke TPI Kuala Leuge, Kamis  (26/3/2020).

“Selaku legislatif Aceh Timur, saya siap memperjuangkan suara masyarakat nelayan Kuala Leugeu Peureulak, terkait pembangunan TPI,” ujar Muhammad yang akrab disapa Amat Leumbeng, kepada awak media.

Amat Leumbeng berharap, pemerintah Aceh Timur peduli dan memperhatikan nasib para nelayan agar pertumbuhan ekonomi para nelayan di Kuala Leugeu, dapat meningkat.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Perikanan Aceh Timur Ir. T Syawaluddin, menyatakan mendukung untuk segera terlaksananya pembangunan Dermaga, yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian nelayan.

“Pihak Dinas Perikanan Aceh Timur akan mendukung pembangunan Dermaga, dan terkait lokasi nanti akan kita turunkan tim segera dalam hal menata ruang,” ujar Syawaluddin.

Atas rencana pembangunan Dermaga yang baru, Panglima Laot Lhok Kuala Leugeu, Taleb Badai menyatakan bahwa itu merupakan harapan bersama dari masyarakat nelayan karena akan dapat meningkatkan ekonomi nelayan.

“Pembangunan TPI berskala baru, adalah harapan kami bersama dan dengan pembangunan tersebut mudah-mudahan ekonomi masyarakat nelayan dapat meningkat. Saya ucapkan terima kasih kepada bapak-bapak Dewan Aceh Timur dan Bapak Kadis Perikanan atas kunjungannya ke tempat kami,” kata Taleb.

Hal senda disampaikan Keuchik Kuala Leugeu, Muzakir, yang menyampaikan terimakasihnya atas kehadiran para DPRK Aceh Timur beserta Kadis Perikanan, seraya berharap melalui pembangunan TPI baru, nantinya bisa meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Kuala Leugeu dan sekitarnya. (T. Saiful)

Selanjutnya

Related Articles

Back to top button
Close