Regional

Kodim 0502/JU Bersama Pemkot Jakut dan Warga Cegah Banjir

Jakarta, BEDAnews.com

Puluhan anggota Komando Distrik Militer (Kodim) 0502 Jakarta Utara bersama petugas Suku Dinas Kebersihan Jakarta Utara dan warga sekitar membersihkan Kali Ciliwung di RW12, Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, untuk mengurangi sedimentasi dan mencegah banjir. Hasilnya, sebanyak 1000 karung sampah yang diangkut 6 truk sampah ukuran besar berhasil dikumpulkan dalam kegiatan karya bakti tersebut.

 

Letkol Arm Stevie Jantje Nuhujanan‎, Komandan Distrik Militer (Dandim)‎ 0502 Jakarta Utara, menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari kegiatan karya bakti yang merupakan hasil kerja sama antara Pemrov DKI Jakarta dengan Kodam Jaya untuk membersihkan aliran Kali Ciliwung. "Saat ini Jakarta sedang dilanda musim hujan, oleh sebab itu kami bersama-sama dengan masyarakat dan Pemprov DKI membersihkan sampah di Kali Ciliwung ini agar kali tidak mengalami pendangkalan," ujar ‎Stevie, Rabu (4/2) pagi.

 

Dijelaskannya, sepanjang 700 meter aliran Kali Ciliwung dari wilayah Apartemen Teluk Intan hingga ‎jembatan tol Kapuk Muara (Pluit) dibersihkan oleh petugas gabungan. "Total ada 258 anggota yang turut serta dalam program bersih-bersih ini, 166 dari Kodim, 60 dari Sudin Kebersihan, dan sisanya dari masyarakat sekitar," terang Dandim 0502/JU

.

Dandim 0502/JU berharap dengan diadakannya kegiatan bersih-bersih tersebut, masyarakat sekitar dapat mencontoh dan menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.‎ "Apabila lingkungan bersih, tentu kesehatan masyarakat dapat terjaga, selain itu bencana banjir dapat kita hindari," pungkasnya.

 

Sementara itu, Rudi Susilo (52)‎, warga Jalan Moa No. 12 RT10/RW12, Kelurahan Pejagalan, mengaku sangat mengapresiasi kegiatan pembersihan Kali Ciliwung tersebut. "Memang wilayah di sini kalau sedang hujan deras selalu tergenang banjir setinggi 10-30 sentimeter, makanya kami sangat mendukung kegiatan bersih-bersih lingkungan seperti yang dilakukan pihak TNI ini," ujar Rudi.

 

Rudi berharap agar acara seperti ini semakin rutin digelar terutama sebelum musim penghujan tiba. "Di lingkungan tempat tinggal kami juga sudah menerapkan sanksi bagi orang yang membuang sampah ke kali, karena dampaknya sangat besar bagi masyarakat yang bertempat tinggal di dekat Kali Ciliwung ini," kata Rudi.

 

Pantauan di lapangan, kegiatan bersih-bersih tersebut berlangsung sejak pukul 7.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB ditengah guyuran hujan. Meski demikian anggota TNI bersama masyarakat dan petugas kebersihan tetap bersemangat untuk membersihkan lingkungan disekitar Kali Ciliwung. (MR)

Baca Juga  Kota Bandung Optimis Raih Kembali Juara MTQ Jabar

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close