Peristiwa

Jembatan Linggamas Akan Segera Diresmikan Gubernur

Purbalingga, BEDAnews.com

          Jembatan Linggamas yang dibangun diatas aliran sungai serayu di desa Petir, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas (Jawa Tengah) dalam waktu dekat akan diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo setelah finishing pembangunan lantai landasan jembatan disebelah timur yang dikerjakan oleh Kabupaten Purbalingga selesai. Sementara lantai landasan jembatan disebelah barat yang dikerjakan oleh Kabupaten Banyumas telah selesai terlebih dulu.

          “Setelah selesai pengaspalan lantai landasan jembatan jalan sebagai penghubung dua daerah Kabupaten Purbalingga dan Banyumas, penyempurnaan talud dan penambalan akses jalan ke arah timur masuk daerah Purbalingga kita akan kirim nota dinas ke sekda untuk kita perlu rapat antara dua Kabupaten Purbalingga dan Banyumas untuk melaksanakan permohonan kepada Gubernur Jawa Tengah untuk segera meresmikan jembatan Linggamas,” jelas Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Purbalingga, Ir. Sigit Subroto MM saat ditemui Progresif pekan lalu di ruang kerjanya.

          Menurut Sigit, jembatan jalan penghubung dua daerah Banyumas dan Purbalingga yang dibangun selama dua tahun lebih dengan ukuran panjang 140 meter, lebar 10 meter termasuk trotoar dikanan dan kiri masing-masing lebar 1,5 meter kondisinya sudah siap. “Peminat kendaraan roda dua dan roda empat juga sudah semakin banyak yang ingin cepat-cepat menggunakan akses jalan Purbalingga-Banyumas maupun sebaliknya,” tambahnya.

          Untuk menjaga keamanan yang  tengah melintasi jembatan berlantai aspal dilapisi hotmik dengan kepasitas daya muat/tonage berkekuatan 30  ton, Sigit menghimbau untuk jenis kendaraan berat yang sudah masuk area jembatan dari arah berlawanan harus  ada toleransi dari salah satu yang mau mengalah untuk menunggu bergantian diluar jembatan. “Biar kendaraan berat yang tengah melintas di area jembatan keluar dulu”, jelasnya.

           Diperoleh keterangan, akses jalan yang akan diteruskan pembangunannya sejak dari jembatan kearah timur hingga masuk Desa Penican, Kecamatan Kemangkon, Kabupaten Purbalingga mencapai ± 7km masih dalam proses perencanaan dan pelelangan, selebihnya ± 4km kearah selatan memasuki Desa Senon dan Kedungbenda sedang diupayakan.

          “Untuk pelebaran jalan tersebut sementara masih memanfaatkan lahan yang ada karena belum dilaksanakan pembebasan tanah milik warg,” tambahnya.

          Kepala Dinas PU Bina Marga Purbalingga, Sigit Subroto berharap, acara peresmian jembatan Linggamas oleh Gubernur Ganjar Pranowo akan dihadiri oleh mantan Gubernur  Jateng  Bibit Waluyo, pejabat Dinas PU Bina Marga Provinsi Jateng, Mantan Bupati Purbalingga Triyono Budi Sasongko dan mantan Bupati Banyumas Mandjoko.

“Disamping otomatis Bupati Purbalingga dan Banyumas yang sekarang, para Bupati tetangga serta para Kepala Dinas terkait, para Muspida dan tokoh-tokoh masyarakat lainnya,” pungkas Sigit. (Widoyo/Agles)

Baca Juga  Abai Gunakan Masker, Petugas Gabungan Berikan Sanksi

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close