Hiburan

Hut ke-433 Kabupaten Banyumas, Dimeriahkan Dengan Pentas Budaya Tandak Ngibing dan Lengger Ebeg-Ebegan

Progresif, BEDAnews.com

Peringatan hari jadi Kabupaten Banyumas ke-433 yang jatuh pada tanggal 6 April 2015 mendatang, selain akan dimeriahkan dengan acara tambahan hiburan pentas seni budaya berupa “Tandak Ngibing Sedina Med” selama 24 jam, Kamis (2/4) juga akan dimeriahkan dengan kegiatan spektakuler Banyumas Extravaganza bertema “Payung Kertas Kalibagoran dalam lambaian Batik Banyumas” pada Minggu (19/4) mendatang.

Kabid Kebudayaan Dinporabudpar Kabupaten Banyumas Dra. Rustin Herwanti, M.Si menjelaskan rangkaian kegiatan hari jadi Kabupaten Banyumas ke-433/th 2015 saat ditemui Wartawan Selasa (17/3) pekan lalu. Sebagai acara pokok rutin dilaksanakan tiap tahun berupa ziarah ke makam R. Djoko Kaiman (Bupati Banyumas pertama yang bergelar Adipati Mrapat) ditaman makam Dawuhan, Kecamatan Banyumas, dilanjutkan dengan tasyakuran dan ruwatan dengan dalang Ki Daulat di pendopo Kecamatan Banyumas pada Sabtu pagi (4/4).

Acara kirab prosesi pusaka pada minggu siang (5/4) start Pendopo Wakil Bupati dan finish sampai pendopo Si Panji Kabupaten Banyumas dimeriahkan dengan pawai iring-iringan jalan kaki Bupati Banyumas dan Wakil Bupati beserta jajaran personil Pemkab Banyumas dengan mengenakan busana tradisional daerah setempat.

Sebagai puncak acara berupa ucapara hari jadi Kabupaten Banyumas ke-433 dilaksanakan pada hari Senin pagi (6/4) di alun-alun Kota Purwokerto dengan Irup Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husein, dilanjutkan dengan Rapat Paripurna DPRD tenteng hari jadi Kabupaten Banyumas di gedung DPRD Banyumas.

“Pada upacara hari jadi Kabupaten Banyumas sekaligus disampaikan pencanangan kegiatan sepekan Banyumas bergaung calung,” ujar Kabid Kebudayaan Rustin Herwanti.

“Jadi tanggal 6 hingga 12 April 2015 ada edaran dari kami agar semua SKPD, instansi pemerintah, semua lini pelayanan dan area publik itu mengumandangkan musik tradisional calung Banyumas supaya mereka mencintai musik asli daerah sendiri, termasuk berkumandang di hotel-hotel maupun retauran-restauran”.

Selanjutnya dijelaskan, pentas tandak ngibing sedina med berupa tari, teater, musik band, karawitan pada hari kamis (2/4) diseputar alun-alun depan Kantor Pemkab Banyumas akan dimainkan oleh para pelajar, remaja maupun komunitas yang tergabung dalam group seni dan sebagainya pada malam harinya dimeriahkan dengan pentas wayang kulit hingga pagi hari bersama dalang lokal Banyumas, tambah Rustin.

Sedangkan yang menarik dari karnaval Banyumas Extravaganza pada minggu (19/4) berupa suguhan open seremoni lengger ebeg-ebegan dimeriahkan oleh 433 gadis-gadis cantik barpayung kertas yang dikemas apik supaya lebih menarik. “Para pengrajin payung Kalibagor itu juga harus lebih kreatif agar produk karyanya memiliki daya saing, bukan hanya digunakan untuk payungan saja tapi bisa ditampilkan sebagai aksesoris,” katanya.

Yang tidak kalah menarik menurut Kabid Budaya Dinporabudpar Banyumas Rustin Herwanti, pada malam resepsi hari jadi Kabupaten Banyumas ke 433 akan di meriahkan dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk di pendopo Si Panji Purwokerto bersama Ki Dalang Enthus Susmono yang juga Bupati Tegal. (Widoyo/Agles)

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close