HeadlinePolitik

Hajat Lembur, PDI Perjuangan Jabar Inisiasi Leuweung Padjadjaran

PASIR JAMBU,- DPD PDI Perjuangan Jawa Barat menggelar “Hajat Lembur” di Desa Cibodas Kelurahan Pasir Jambu Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung, Senin (23/12).

Hajat Lembur bertema “Mewariskan Budaya Luhur di Hari Ibu” ditandai dengan penanaman pohon serentak yang merupakan komitmen dari PDI Perjuangan untuk menjadikan isu lingkungan sebagai salah satu permasalahan yang harus segera diselesaikan utamanya lahan kritis di DAS Citarum.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono mengungkapkan Hajat Lembur ini sekaligus mengawali rangkaian peringatan HUT ke-47 PDI Perjuangan.

“Puncaknya nanti PDI Perjuangan akan menggelar Gerakan 222 pada 2 Februari 2020 yakni gerakan menanam pohon secara nasional di lahan-lahan kritis,” kata Ono kepada awak media.

Uniknya, penanaman pohon ini juga dilakukan oleh ibu dan anak sebagai momentum peringatan Hari Ibu.

Menurut Ono, kegiatan ini masih merupakan rangkaian peringatan Hari Ibu sesuai dengan instruksi DPP.

“Peringatan Hari Ibu sudah dilakukan tepat 22 Desember kemarin, hari ini kami memfokuskan soal isu lingkungan dengan melibatkan ibu dan anak dalam penanaman pohon. Bagaimana mengedukasi ibu agar lebih dini memberikan pemahaman pada anak-anaknya arena pohon, hutan dan sungai merupakan warisan budaya luhur bagi bangsa Indonesia,” bebernya.

Ono menambahkan, kegiatan Hajat Lembur ini merupakan gerakan awal bagi PDI Perjuangan untuk mewujudkan Leuweung Padjajaran. Pada kegiatan puncak, kata Ono, PDI Perjuangan akan menanam ribuan pohon, dimana sebanyak 89 adalah endemik asli Jawa Barat.

“Pada gerakan 222 mendatang, seluruh jajaran PDI Perjuangan mulai dari PAC, DPC hingga DPD akan melakukan gerakan nasional menanam pohon, serta membersihkan sungai dan selokan secara serentak. Khusus di Jabar, 10 kota kabupaten di DAS Citarum juga akan melakukan penanaman pohon di wilayahnya masing-masing,” tandasnya.

Baca Juga  Dewan Minta Disdik Jabar Siapkan Skenario KBM Tatap Muka

Sementara Ketua Panitia Hajat Lembur Sofia Yulinar mengungkapkan PDI Perjuangan Jabar menginisiasi Leweung Padjadjaran yang berlokasi di Kabupaten Bandung. Menurutnya, awalnya hulu Sungai Citarum menjadi prioritas penghijauan namun akhirnya gerakan tanam pohon ini menjadi gerakan nasional.

“PDI Perjuangan melakukan aksi yang begitu nyata, turun langsung ke lapangan memberi solusi untuk persoalan lingkungan khususnya Sungai Citarum,” pungkasnya.

Kegiatan Hajat Lembur ini dihadiri Wakil Sekjen DPP sekaligus anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Sadarestuwati dan Kepala Baguna Pusat PDI Perjuangan Max Ruland Boseke.

Dihadiri juga oleh Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari, Ketua DPC PDI Perjuangan Kab Bandung Harjoko Sangga Nagara serta jajaran pengurus PDI Perjuangan Jawa Barat.

Selain itu hadir penggiat dan tokoh lingkunan Jawa Barat Eyang Memet.

Dilakukan juga prosesi serahterima pohon secara simbolik dari Wakil Sekjen DPP kepada Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar yang kemudian diberikan pada 5 orang ibu. [nie/*]

Tags
Selanjutnya

Related Articles

Back to top button
Close