Pendidikan

Dua Siswa MAN Selat Raih Juara di Ajang Duta Genre

Kapuas, BEDAnews.com

Setelah melalui tahapan yang panjang, akhirnya dua siswa MAN Selat Tengah yakni Muhammad Rafsanjani Chaniago dinobatkan sebagai Motivator Muda dan Anisa Dwi Tiara sebagai juara tiga putri GenRe Remaja pada grand final ajang Pemilihan Duta GenRe (Generasi Berencana) Kabupaten Kapuas tahun 2017 yang digagas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), kemarin bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas.

Pada acara grand final tersebut 31 peserta menerima penobatan beberapa kategori lomba dari dewan juri dan panitia. Sepuluh kategori lomba yang dinobatkan adalah hasil penilaian dewan juri terhadap peserta selama menempuh masa karantina hingga babak final.

Masa karantina peserta dimulai dari awal Februari hingga Maret. Dalam masa itu berbagai tahapan harus dilalui para peserta. Pada tahap awal untuk peserta putri diharuskan membuat essay, dan peserta putra harus membuat gambar ilustrasi dengan tema Remaja dalam gelap. Dilanjutkan pembekalan tentang kesehatan reproduksi dan narkoba serta pengarahan dari panitia.

Baca Juga  UIN Bandung Gelar Kuliah Umum bertajuk Meraih Kemuliaan Dunia Akhirat Lewat Aplikasi Zoom Meeting

Kemudian 12 Februari, peserta menempuh sesi outbond, pemotretan, dan kelas perkenalan. Tanggal 19 Februari sesi grooming class, catwalk, pemotretan dan pembuatan video. Selanjutnya tanggal 26 Februari, peserta harus mengikuti ujian tertulis materi GenRe dan pengetahuan umum, diikuti dengan tes kepribadian dan wawancara.

Memasuki tahap akhir atau puncak final, dipilih tiga orang peserta putra dan tiga orang peserta putri tingkat remaja/pelajar maupun tingkat mahasiswa untuk diseleksi menjadi Duta GenRe Remaja Kabupaten Kapuas tahun 2017.

Saat ditemui tim Humas, Anisa DT panggilan akrab Annisa Dwi Tiara menuturkan, ia tidak menduga bisa masuk babak grand final dan meraih juara tiga. "Alhamdulillah, kesungguhan dan usaha yang selama ini saya lakukan telah membuahkan hasil yang sangat membanggakan. Semua ini tentu tidak lepas dari doa dan dukungan semua pihak, seperti orang tua, keluarga, bapak kepala madrasah beserta dewan guru khususnya guru pembimbing ibu Hj. Noor Jennah, dan teman-teman," tuturnya.

Baca Juga  Kabar Gembira! Pemprov Jabar akan Berikan 3,25 Juta Kartu Kuota untuk Pelajar

Ia menambahkan, sangat banyak pelajaran yang ia dapatkan selama masa karantina. Selain itu Ia juga banyak mendapatkan teman baru dari sesama peserta karantina.

"Perjuangan tidak berhenti sampai disini, saya harus terus belajar, mengajarkan hal-hal positif, dan menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain," ucapnya.

Menanggapi prestasi yang telah diraih dua siswanya, Sriyadi selaku kepala Madrasah sangat mengapresiasi dan merasa bangga, karena mereka telah mengharumkan nama baik MAN Selat Tengah di ajang bergengsi ini.

"Saya bangga kepada mereka karena telah berjuang dengan maksimal untuk memberikan yang terbaik buat Madrasah. Saya berharap dengan pengetahuan dan prestasi yang diraih ini dapat memberi manfaat kepada orang lain terutama teman-temannya baik di sekolah maupun dilingkungan tempat mereka tinggal," ucap Sriyadi. (Sri/Tatang)

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close