Peristiwa

DIALOG LINTAS ORGANISASI ADVOKAT AKAN DI GELAR DI HOTEL MANHATTAN

Jakarta, BEDAnews.com

RUU Advokat gagal disahkan oleh DPR RI periode 2009-2014 sehingga kegagalan itu menjadikan perhatian besar bagi Organisasi Advokat pro RUU diantaranya Kongres Advokat Indonesia (KAI) PERADIN, IKADIN, IPHI, APSI, HAPI. Hal tersebut diungkapkant Sekretaris Jenderal Kongres Advokat Indonesia (KAI), Aprillia Supaliyanto, SH, yang ditemui di Sekretariat DPP KAI Gedung Maspion Plaza lantai 7 Jalan Gunungsahari Kav. 18 Jakarta Utara, Kamis (5/3/15).

Lanjut Aprillia, pihaknya akan menggelar acara " Dialog Lintas Organisasi Advokat " rencananya akan digelar di Street Room lantai 10 Hotel Manhattan dikawasan Casablanca, Kuningan Jakarta Selatan, Jumat 06 Maret 2015. " Latar belakang KAI. mengadakan acara itu, DPP KAI ambil insiatif dengan alasan KAI sebagai organisasi besar merasa memiliki tanggungjawab untuk menggolkan lahirnya UU Advokat untuk disahkan, " jelasnya

Masih kata Aprillia, UU Advokat yang lama sudah seharusnya diganti dengan alasan Undnag-Undang Advokat tersebut belum memberikan payung hukum bagi Organisasi Advokat. "Kami memandang UU Advokat yang lama itu memang seharusnya diganti megingat didalamnya belum cukup memberikan payung hukum bagi Organisasi Advokat, kemudian didalam drapt RUU Advokat yang baru KAI memandang secara kompreship memberikan payung hukum bagi Organisasi Advokat Indonesia sehingga menurut kajian layak RUU Advokat digolkan," katanya.

Masih menurut Aprillia, KAI ingin mengambil bagian didalam Organisasi Advokat Indonesia yang lebih baik, tetapi menurutnya, KAI menyadari menyangkut RUU Advokat bukan hanya kepentingan KAI akan tetapi untuk kepentingan Advokat Indonesia. "RUU Advokat bukan hanya kepentingan KAI namun untuk kepentingan Advokat Indonesia, sehingga dengan demikian kami mengajak Organisasi Advokat lain untuk mendiskusikan terhadap proses RUU Advokat apa yang harus dilakukan, makanya DPP KAI membentuk Tim RUU Advokat yang tugasnya untuk mengawal, mendorong, membahas serta mengkritisi substansi RUU Advokat dan RUU KUHAP tersebut hingga disahkan menjadi UU, harapnya.

Hal senada diungkapkan Advokat Toha Bintang E.L. Thamrin, Bendahara Peradin yang mana dirinya ditunjuk oleh Dewan Pimpinan Pusat Perkumpulan Advokat Indonesia (DPP PERADIN) untuk menghadiri acara dialog yang diselenggarakan oleh DPP KAI Pimpinan Advaokat Tjoetjoe Sandjaja Hernanto, SH, MH, pihaknya  berharap RUU Advokat  segera disahkan oleh DPR RI periode 2014-2019.

Menurut informasi undangan untuk para peserta dialog dari berbagai Organisasi Advokat sudah dikirim ke semua pengurus Organisasi Advokat dan sudah ada respon dari beberapa pengurus OA yang menyatakan kesediaannya untuk hadir diacara tersebut tutur Advokat Chaerul Aman selaku Sekretariat DPP KAI. (Erva/Arman)

Baca Juga  Abai Gunakan Masker, Petugas Gabungan Berikan Sanksi

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close