Politik

Bantuan Pangan Nontunai Percepat Penyaluran Bantuan

Bandung BEDAnews.com

Bantuan pangan non tunai yang diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo dinilai sebagai penyempurna dan perbaikan dari program bantuan langsung tunai (BLT) terdahulu, yang akan mempercepat penyaluran bantuan tidak perlu ngantri lagi.

Demikian dikatakan anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat Yunandar Eka Prawira. Di Bandung Kamis  
Dikatakannya. Kebijakan program tersebut dinilainya akan mempercepat penyaluran bantuan dan dapat meningkatkan sumber daya manusia masyarakat kurang mampu mengikuti perkembangan teknologi perbankan bertransaksi.

Sekretaris FPDIP DPRD Provinsi Jawa Barat yang berangkat dari daerahj pemilihan Bandung Cimahi ini menjelaskan.
"Ini merupakan perbaikan dari BLT, lalu dulu itu ada PKH (program keluarga harapan)," paparnya

Yunandar juga yakin,  penyaluran bantuan sosial tersebut sangat transparan dikarenakan masyarakat juga dapat mengawasi secara langsung dengan mengecek transaksi melalui data elektronik.
"Mekanisme penyalurannya bisa dilakukan di elektronik-warung gotong royong atau e-warong memakai kartu elektronik seperti kartu ATM," ujarnya
Diharapkannya.  Dengan adanya bantuan pangan non tunai ini, maka kedepannya tidak ada lagi keterlambatan penyaluran bantuan yang pada akhirnya dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat kurang mampu di daerah ini. Serta penyalahgunaan program ini bisa lebih diminimalisir karena prosesnya dilakukan secara elektronik.

"Jadi lebih baik dibandingkan bentuk BLT, program ini kan hasil evaluasi yang panjang dari program terdahulu," katanya.

Tetapi ditambahkannya, meskipun penyalurannya dilakukan secara elektronik tetap harus ada metode pengawasan program bantuan pangan non tunai ini.
"Bisa saja yang terjadi di lapangan adalah ada penerima yang tidak tepat sasaran, maka di sana harus ada sistem koreksi cepat. Nah, disanalah pengawasan harus ada. Untuk sistem pengawasan saluran sekarang lebih simpel berbeda dengan dulu yang harus antre panjang. Itu tidak terjadi lagi dengan sistem non tunai ini," pungkas.@

Baca Juga  TAPD Jabar Diharapkan Bisa Maksimalkan Pinjaman Dari PT SMI.

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close