PeristiwaTNI-POLRI

Amankan Demo Penolakan RUU HIP, Polres Ciamis Turunkan Polwan

CIAMIS, BEDAnews.com – Personil Polwan Polres Ciamis ikut mengamanan aksi damai berbagai element masyarakat Ciamis Bergerak menolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP), yang digelar di Alun-alun Ciamis, Jum’at (3/7/2020).

Massa aksi tersebut terdiri dari berbagai aliansi diantaranya para tokoh agama dari berbagai Pondok Pesantren, para santri/santriah, Ormas, OKP, dan LSM se-Kabupaten Ciamis.

Dalam aksi damainya itu, mereka menyatakan sikap mendukung penuh dan siap melaksanakan maklumat Dewan Pimpinan MUI Pusat dan Dewan Pimpinan MUI Provinsi se-Indonesia Nomor: Kep1240/DP.MUI/VI/2020 Tentang Penolakan RUU HIP.

Mereka juga menyatakan menolak dengan tegas RUU HIP yang digagas oleh sekelompok oknum pimpinan dan anggota DPR-RI, dan menuntut DPR-RI membatalkan RUU HIP dan mengelurkannya dari Prolegnas, serta mendesak penegak hukum untuk mengusut tuntas inisiator dan konseptor RUU HIP serta mengadilinya secara terbuka.

Sementara itu, Perwira Koordinator (Pakor) Polwan Polres Ciamis, Kompol Aniek Sulistyani mengungkapkan diterjunkannya Satuan Polwan, adalah untuk menjadi negosiator dan mencipakan iklim kondusif dari kemungkinan aksi rusuh yang berakibat keos.

“Kami mengikuti apel kekuatan personil pengamanan, menjadi tim negosiator, dan membagikan masker kepada audiensi yang tidak memakai masker,” kata Kompol Aniek kepada awak media. (Abraham)

Selanjutnya

Related Articles

Back to top button
Close