PendidikanPeristiwa

Puluhan Mahasiswa Tel-U, Gelar Aksi Demo Di Depan Gedung Yayasan

BANDUNG, BEDAnews.com – Di tengah kondisi Adaptasi Kehidupan Baru (AKB), puluhan mahasiswa Telkom University (Tel-U) menggelar unjuk rasa di depan gedung Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) di Sayap Timur Gedung Sate, Jl. Cisanggarung No. 2 Bandung, Jumat (3/7/2020).

Kehadiran para mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Telkom dengan membawa spanduk-spanduk tersebut, untuk menyampaikan tuntutan terhadap pihak Yayasan agar memberikan keringanan biaya penyelenggaraan pendidikan (BPP) akibat covid-19.

Santiko Wibowo, salah seorang pengunjuk rasa menyebutkan sebelumnya perwakilan BEM Universitas Telkom telah melakukan audiensi dengan pihak Rektorat Telkom terkait tuntutannya, namun tidak ada kata sepakat, dan pihak rektorat mengarahkan untuk langsung mengajukan tuntutan kepada yayasan.

Menurut Santiko, aksi berlangsung dengan damai dan tetap mengikuti panduan protokol kesehatan seperti diwajibkan menggunakan masker, tetap menjaga jarak aman.

“Bahkan kami melakukan pengecekan suhu tubuh terlebih dahulu sebelum dimulainya kegiatan, karena kami tidak ingin menyebabkan cluster penularan wabah yang baru,” ujar Santiko Wibowo.

Dalam kesempatan tersebut, pihak mahasiswa menyatakan akan terus melakukan aksinya hingga pihak YPT dapat memenuhi tuntutan yang diajukan Aliansi Mahasiswa Telkom.

Tuntutan aliansi mahasiswa diantaranya menuntut kampus memberikan transparansi Laporan Keuangan Tahunan, Rencana Kerja Manajerial dan Rencana Kerja Anggaran sebagaimana yang dimaksud dalam Statuta Tel-U 2017, kemudian mereka juga menuntut kampus untuk memberikan pemotongan BPP 50% kepada seluruh mahasiswa.

Selain itu, para mahasiswa juga menuntut kampus mengalokasikan bantuan dari KEMENDIKBUD 100% untuk mahasiswa yang orang tua atau wali terkena PHK atau meninggal dunia akibat pandemi Covid-19, serta mengembalikan biaya asrama selama masa pandemi dan memberikan keleluasaan bagi mahasiswa baru untuk kuliah online ditempat masing – masing. Serta yang terakhir pihak kampus diminta menerapkan protokol kesehatan untuk aktivitas di dalam kampus. (Raden Nuke)

Selanjutnya

Related Articles

Back to top button
Close