Opini

Terkait Pencemaran DAS Aceh Timur, DPD Ampehra Usul Solusi

(Oleh: Teuku Saiful)

ACEH TIMUR – Pencemaran di Daerah Aliran Sungai (DAS) Idi terjadi akibat banyak faktor, seperti bermula di hulu, banyak ranting kayu-kayu kering patah yang jatuh ke Sungai, termasuk bambu tua yang sudah mengering juga ikut serta kemudian melintang begitu saja ke sungai, otomatis sampah-sampah kecil pun tersangkut begitu saja yang lama kelamaan munculnya pelapukan material yang menumpuk (sedimen) ditengah sungai, sehingga sungai menjadi dangkal.

Kedangkalan di hulu sungai Idi mengakibatkan Tahap I pencemaran air dari jernih menjadi keruh serta banjir akibat sedimen tertumpuk ditengah sungai.

Peristiwa banjir di hulu Sungai Idi tahun 2016 pernah dialami oleh beberapa Kecamatan seperti di Banda Alam dan Idi Tunong dimana rata-rata pemukiman dan sawah penduduk terendam  banjir

Terjadinya pencemaran Tahap II di terusan sungai Idi pada kawasan padat penduduk adalah akibat banyaknya sampah plastik serta limbah buangan dari rumah tangga, limbah industri dan serta limbah beracun sejenisnya.

Untuk mengurangi pencemaran di DAS Idi (sampel sungai) ada beberapa fase yang harus dilakukan oleh Pemerintah Daerah pada setiap sungai yang ada di wilayah kerjanya seperti, Membentuk Peraturan maupun Qanun Kabupaten tentang Daerah Aliran Sungai (DAS).

Fase Selanjutnya, membentuk Komunitas Masyarakat Peduli Sungai, dimana komunitas tersebut berunsur dari Ormas-ormas serta mendapat dukungan oleh pemerintah setempat.  

Kehadiran komunitas tersebut sangat bermanfaat dalam menjalankan tugas seperti “Memberi Sosialiasi kepada Masyarakat untuk Peduli sungai dalam hal menanggulangi sampah, termasuk menjaga sungai agar bersih dan indah serta melestarikanya dalam wujud kepedulian lingkungan hidup, agar dapat bermanfaat dan dipergunakan sebaik -baiknya demi anak cucu kita. ***

Penulis adalah Pemerhati Sungai Idi- Plt Ketua Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Masyarakat Peduli Hutan Rakyat Aceh (DPD Ampehra) Aceh Timur dan Anggota Tim Koordinasi Pengelolaan Sunber Daya Air Aceh (TKPSDA-ACEH)

Back to top button
Close
Close