Pendidikan

Sosialisasi Bahaya Narkoba Kepada Guru SD se-Surabaya

Surabaya, BEDAnews.com

Ancaman narkotika dan obat-obat berbahaya (narkoba) selalu mengintai generasi muda kita. Pentingnya pemahaman dan pengetahuan tentang bahaya-bahaya narkoba oleh genrasi muda bansa disadari betul oleh Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya yang bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk melakukan penyuluhan sekaligus pembinaan kepada perwakilan guru SD se kota Surabaya, Selasa (10/2).

Ketua BNN Kota Surabaya AKBP Suparti, SH.MM menjelaskan, obat-obatan yang sering direkomendasikan untuk kesehatan dewasa ini sering disalahgunakan oleh para kalangan remaja untuk dikonsumsi sebagai salah satu pola gaya hidup masa kini.

Suparti menambahkan, efek narkoba berdasarkan ilmu farmakologi meliputi, Depresan yakni efek dari narkoba yang dapat menekan sistem saraf pusat dan mengurangi aktifitas fungsional tubuh, sehingga pemakai merasa tenang bahkan bisa membuat pemakai tertidur atau tidak sadarkan diri.

Efek yang kedua yakni, stimulan yaitu efek dari narkoba yang bisa mengakibatkan kerja organ tubuh seperti jantung dan otak lebih cepat dari kerja biasanya dan mengakibatkan seseorang lebih bertenaga senang serta gembira untuk sementara waktu.

Ketiga yakni, Halusinogen dimana efek dari narkoba jika dikonsumsi dengan dosis tertentu, dapat mengakibatkan seseorang menjadi berhalusinasi. Contohnya dihasilkan dari jenis kokain serta LSD (Lysergic Acid Diethylamide).

Kemudian efek yang terkahir yakni, Adiktif dimana rasa dan ingin terus mengkonsumsi zat tertentu karena zat dalam narkoba telah memutuskan syaraf-syararf dalam otak dan merusakan organ tubuh lainnya yang dapat berakibat pada kematian.

Melalui sosialisasi ini, para guru diharapkan dapat lebih berhati-hati dalam mengawasi para siswa di sekolah, bila terjadi sesuatu gejala yang mencurigakan tidak usah panik dan langsung berkoordinasi dengan BNN.

Sementara itu, Kasi Penmas Thussy Apriliyandari menyampaikan, program sosialisasi penyuluhan narkoba kepada para guru SD ini merupakan program tindak lanjut dari sosialisasi-sosialisai sebelemnya yang dilakukan kepada guru SMP dan SMA.

Pada kegiatan ini, para guru dapat membuat sebuah program bersama dalam mencegah penyalahgunaan narkoba disekolah sekaligus sebagai upaya bersama dalam  menyelamatkan para generasi muda dari bahaya narkoba. (Mam)

 

Baca Juga  UIN Bandung Gelar Kuliah Umum bertajuk Meraih Kemuliaan Dunia Akhirat Lewat Aplikasi Zoom Meeting

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close