HeadlinePolitik

Rp. 3,28 T Silpa APBD Jabar 2019 Bisa Pengaruhi Capaian IKU

Bandung, BEDAnews.com – Realisasi Pelaksanaan APBD Jawa Barat Tahun Anggaran 2019 telah meninggalkan  Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILPA)  Tahun berkenaan sebesar Rp. 3.28 Triliun, semakin besar dari silpa APBD pada tahun 2018 yang mencapai Rp. 3,06 Triliun.

Kondisi ini mendapat sorotan wakil Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Provinsi Jawa Barat Drs. H. Daddy Rohanady, yang menilai SILPA akan berkonsekwensi terhadap pembangunan.

“Silpa sebesar itu pasti berkonsekuensi logis terhadap pembangunan. Bahkan, bisa jadi sangat berpengaruh pada capaian IKU (indikator kinerja utama) yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ( RPJMD),” ujar Daddy saat dihubungi melalui Gadgetnya di Bandung. Kamis (16/7/2020)   

Anggota Badan Anggaran (Bangar) DPRD Provinsi Jawa Barat,  menegaskan. “Tidak mungkin Sisa Lebih Perhitungan Anggaran Tahun Berkenaan (Silpa) APBD Provinsi Jawa Barat, nol rupiah,” sebutnya.

Hal ini bisa terjadi karena.  Silpa memang tidak mungkin nol rupiah. Sumbernya bisa dari over target atau efisiensi (termasuk sisa lelang). Bahkan, bisa juga dari pekerjaan yang secara sengaja dihentikan. Sebutnya.

“Ini bisa dipengaruhi kebijakan nasional atau bisa juga dengan pertimbangan khusus,” katanya.

Seperti diketahui, Gubernur Jawa Barat dalam Nota Pengantar Pertanggingjawaban Pelaksanaan APBD 2019, menyebutkan, realisasi pendapatan daerah Jawa Barat sampai dengan 31 Desember 2019 sebesar Rp 36,04 triliun lebih atau 99,75 persen. Sementara, Silpa  sebesar Rp 3,28 triliun lebih.@ her

Tags
Selanjutnya

Related Articles

Back to top button
Close