HeadlinePolitik

Rencana Rapid Test Massal Pemprov Jabar Anti Social Distancing

Bandung, BEDAnews.com – Rencana pelaksanaan rapid test sebagai langkah  pencegahan Covid-19 yang dilakukan Pemprov Jabar dengan melakukan pengumpulan masyarakat pada Selasa (24/3/2020) di stadion Patriot Chandrabaga untuk masyarakat di kabupaten Bekasi dan Karawang, Stadion Pakansari untuk Kabupaten dan kota Bogor serta stadion jalak harupat untuk daerah lainnya, dinilai sebagai langkah yang sangat kontra produktif dengan penanggulangan Covid-19.

Demikian dikatakan  Wakil Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Provinsi Jawa Barat Drs. H. Daddy Rohanady dalam rilisnya yang disampaikan kepada BEDAnews.com, Minggu (22/3/2020).

“Mengumpulkan masyarakat di stadion merupakan langkah yang sangat kontra produktif dengan penanggulangan Covid-19. Risikonya terlalu berat,” ujar Daddy.

Langkah tersebut bisa fatal akibatnya. Jangan-jangan masyarakat yang ketika berangkat masih sehat walafiat, justru setelah pulang malah jadi positif tertular corona.  

“Hal itu bukan tidak mungkin. Bisa jadi di antara mereka yang berkumpul itu adalah carier, lantas menularkan kepada mereka yang awalnya sehat,” sebutnya.

Politisi Gerindra asal dapil Cirebon-Indramayu tersebut menyebutkan langkah pengumpulan masa dalam jumlah banyak tersebut memang sangat berpotensi menyebabkan terjadinya penularan. Betapa tidak, dengan jumlah orang sekian banyak, tidak mungkin lantas orang menjaga jarak minimal satu meter. Padahal, pemerintah sudah menegaskan bahwa salah satu cara untuk meminimalisir penularan Covid-19 adalah dengan cara menjaga jarak (/social distancing/).

“Apakah ketika ada begitu banyak orang di sebuah stadion, masyarakan masih bisa menjaga jarak?,” tanyanya retoris.

Lebih jauh dikatakannya. Pengumpulan orang di stadion juga,  merupakan langkah paradoks dengan kebijakan pemerintah. Bahkan, langkah tersebut juga bertentangan dengan langkah di berbagai negara yang justru menempuh /lockdown/ seperti yang dilakukan di sebagian Italia dan terakhir di New York.

Lantas, apakah Pemprov Jabar akan tetap merealisasikan rencana tersebut?. @hermanto

Tags
Selanjutnya

Related Articles

Back to top button
Close