HeadlineHukum

PTUN Jakarta Kabulkan Gugatan Guntoro terhadap Menteri Agraria ATR/Kepala Badan Pertanahan Nasional

Terkait Kinerja Notaris N. Nurhayati, SH, MKn PTUN Jakarta Kabulkan Gugatan Guntoro

BANDUNG, BEDAnews.com – Kecewa dengan kinerja Notatis/PPAT N. Nurhayati, SH, MKn, selain melaporkannya ke pihak kepolisian, Guntoro juga melalui PTUN Jakarta menggungat Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional.

Dalam putusannya PTUN Jakarta mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian dan mewajibkan kepada termohon Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional untuk menerbitkan keputusan dan/atau melakukan tindakan pengenaan sanksi terhadap N.Nurhayati SH, MKn Selaku Notaris/PPAT di Kabupaten Bogor sesuai dengan tingkat pelanggaran berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ketua Pengadilan mengajukan kepada presiden untuk memerintahkan termohon Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional untuk melaksanakan putusan Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta nomor 15/FP /2018 PTUN-JKT tanggal 6 September 2018 yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Menurut Sugiono Notairs/PPAT N. Nurhayati, SH, MKn dalam pembuatan AJB dinilai menyalahi aturan, dimana AJB tersebut ditandatangan Sugiono di rumahnya di Ciracas, Jaktim tanpa dihadiri notaris.

Notaris N. Nurhayati menyerahkan salinan akta yang telah disahkannya, berikut selembar foto Sugiono pada saat penandatanganan AJB tersebut sendirian.

Selain itu masih menurut Guntoro, didalam AJB tersebut nilai transaksi beda. Di situ tertulis transaksi sejumlah Rp. 800.685.000,- padahal nilai transaksi yang sebenarnya Rp. 863.750.000

“Saya kecewa dengan Notaris/PPAT N. Nurhayati, SH, mkn yang dalam pembuatan Akte Jual Beli dinilai tidak profesional” ujar Guntoro saat ditemui di Polda Jabar Rabu 13/05/2020.

Guntoro juga akan mengirim surat kepada Presiden RI agar supaya tergugat dalam hal ini Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan segera menjalankan putusan PTUN yang telah mengabulkan gugatannya. Boed

Selanjutnya

Related Articles

Back to top button
Close