Ragam

Program Jempol Merupakan Salah Satu Inovasi Disdukcapil

Sukabumi, BEDAnews.com

Program Jempol (Jemput Bola) Pelayanan Pembuatan Dokumen Kependudukan, merupakan salah satu inovasi Pemerintah Kota Sukabumi, melalui Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kota Sukabumi. Hal tersebut disampaikan Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., saat melakukan peninjauan pelaksanaan program tersebut, di Kelurahan Karamat, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, tepatnya tanggal 11 Maret 2017.

Dikatakannya, program tersebut sangat positif dan besar manfaatnya bagi warga masyarakat Kota Sukabumi, karena selain Pelayanan Pembuatan Dokumen Kependudukannya lebih baik serta lebih mudah dan lebih cepat, juga gratis tidak dipungut biaya apapun. Untuk itu, Wakil Walikota Sukabumi, atas nama Kepala Daerah serta pemerintah dan warga masyarakat Kota Sukabumi, sangat mengapresiasi kepada semua pihak, yang telah ikut membantu terhadap pelaksanaan program tersebut. Karena dengan program tersebut, segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi dapat dilayani dengan baik dan optimal, khususnya dalam membuat dan mendapatkan dokumen kependudukan.

Baca Juga  20.000 Anak Muda Indonesia, Ambil Bagian Dalam Aksi Sosial “A Better World Prize Festival”

Sementara Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Iskandar, S.IP., M.T. menjelaskan, program ini disebut Program Jempol Pemukiman Putaran Ke 2, yang dilaksanakan setiap minggu, di setiap Kecamatan dan Kelurahan, serta di setiap Perusahaan, SMA, SMK dan MA di Kota Sukabumi.

Selain itu, Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya kepada Aparat Wilayah Kecamatan dan Kelurahan, serta Perangkat RW dan RT se Kota Sukabumi, atas berbagai dukungan dan suportnya, termasuk dalam menyampaikan informasi kepada segenap lapisan warga masyarakat di wilayahnya masing-masing, tentang pelaksanaan program tersebut. Sebab dengan hal tersebut, segenap lapisan warga masyarakat bisa mendapatkan haknya, khususnya dokumen kependudukan, melalui pelayanan yang lebih baik dan optimal lagi.

Menyinggung Blangko e-KTP (Kartu Tanda Penduduk elektronik), menurut Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, hingga saat ini belum ada. Hal tersebut bukan hanya terjadi di Kota Sukabumi saja, tapi di seluruh daerah di Indonesia, serta hingga saat ini, pihak Disdukcapil Kota Sukabumi belum mendapat kepastian dari Pemerintah Pusat, tentang pendistribusian Blangko e-KTP. Namun demikian, warga masyarakat jangan merasa khawatir. Karena sebelum ada Blangko e-KTP, warga masyarakat diberi Suket (Surat Keterangan) resmi dari Disdukcapil Kota Sukabumi, yang fungsinya sama dengan e-KTP, serta bisa digunakan untuk berbagai persyaratan dan kepentingan apapun, seperti ke Bank, BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan dan Ketenaga Kerjaan, AJB (Akta Jual Beli) dan sebagainya. Karena Suket tersebut, merupakan identitas penduduk yang resmi.

Baca Juga  Pocari Sweat Kembali Gelar BINTANG SMA 2020

Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi mengatakan, hingga akhir bulan Februari 2017, jumlah warga masyarakat Kota Sukabumi yang sudah melakukan perekaman data e-KTP mencapai 7 ribu orang, dan hanya tinggal mencetak pada Blangko e-KTP saja, karena datanya sudah dientri ke jaringan nasional. Dikatakan pula, apabila Blangko e-KTP-nya sudah ada akan segera dicetak, serta dalam proses pencetakannya akan mendahulukan warga masyarakat yang lebih awal melakukan perekaman data e-KTP, sesuai dengan Nomor Register Suket warga masyarakat masing-masing. Selain itu, apabila e-KTP-nya sudah selesai dicetak, warga masyarakat yang bersangkutan dapat menukarkan Suketnya dengan e-KTP-nya masing-masing, di setiap kecamatannya masing-masing.

Disamping itu juga dikatakan, kendati Blangko e-KTP belum ada, perekeman data e-KTP di Kota Sukabumi terus dilaksanakan oleh pihak Disdukcapil Kota Sukabumi, di setiap Kecamatan dan Kelurahan, dengan mendatangi setiap warga masyarakat yang sudah wajib memiliki e-KTP, serta di setiap Perusahaan, SMA, SMK dan MA di Kota Sukabumi, melalui Program Jempol Pemukiman Putaran Ke 2. Sebab program tersebut, merupakan program utama Disdukcapil Kota Sukabumi, serta akan senantiasa dilaksanakan dan ditingkatkan. (MAY/AMH)

Baca Juga  Wolff Schomaker, Perancang Gedung Merdeka dan Penjara Sukamiskin

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close