Regional

Perubahan Perilaku Masyarakat Solusi Penanganan Bencana

 Bandung BEDAnews.com

Jawa Barat sebagai daerah yang memiliki tingkat kerawanan bencana yang tinggi,  ditandai bencana alam  yang kerap melanda daerah di Jabar baik longsor maupun banjir, terakhir yang terjadi adalah bencana longsor yang menerjang kawasan kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat.

Mensikapi hal tersebut anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat Yod Mintaraga mengatakan.  

Dari tataran program untuk penanggulangan bencana sudah disiapkan beberapa OPD di lingkungan Pemprov. Jabar. Tidak hanya  dana untuk penanggulangan bencana saja, solusi berupa perbaikan infrastruktur juga sudah rutin dialokasikan.

Tetapi Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Jabar ini lebih menekankan kepada prilaku manusianya. Dikatakannya. “Namun yang terpenting, untuk menyelesaikan persoalan bencana alam  adalah adanya perubahan perilaku masyarakat serta mempertahankan lahan konservasi dari praktek alih fungsi.” Tegasnya.

Sejalan dengan tuntutan tersebut, mengembalikan KBU menjadi kawasan hijau harus menjadi prioritas. Demikian pula untuk manajemen pengelolaan sampah harus dilakukan sehingga tak ada lagi sampah berserakan yang menjadi pemicu bencana. 

Baca Juga  FOKAB Sabet Penghargaan DAFA Award 2020

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close