Regional

Pertumbuhan Ekonomi Kota Bandung 9 Persen, Tertinggi di Indonesia

Bandung, BEDAnews.com

Pertumbuhan ekonomi Kota Bandung merupakan yang tertinggi di Indonesia mencapai 9%, namun pertumbuhan ekomoni tersebut tidak dapat lebih tinggi lagi jika tidak diimbangi sarana public transportasi yang mumpuni.

“Dengan penduduk tiga koma enam juta orang di siang hari yang mobilitas warganya sangat tinggi, hanya dua puluh persen dari angka tersebut menggunakan transportasi publik dan sisanya naik kendaraan pribadi ini menjadi masalah, dan suatu hari nanti kita harus bisa membalikan prosentasi itu,” demikian diungkapkan Walikota Bandung Ridwan Kamil saat menyaksikan penandatanganan surat perjanjian kerjasama antara Direktur Utama Perum DAMRI dan CEO PT. Agung Podomoro Land. TBK. (bdg)  di Hotel Panghegar jl. Merdeka Bandung, Senin (09/03/2014).

Lebih lanjut dikatakan walikota, permasalahan kota Bandung tersebut disebabkan karena pilihan masyarakat untuk menggunakan trasportasi publik terbatas hanya dua menggunakan bis dan angkutan kota (angkot) dan diperparah oleh kebijakan otomotif dengan mempermudah masyarakat mendapatkan kendaraan pribadi karena semakin murah, padahal sebelumnya mereka adalah pengguna transportasi umum.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut Emil memaparkan rencana transportasi publik kota bandung kedepan yang dituangkan dalam ‘Bandung Urban Mobility Project’, “Master plan kedepan kita harus menyediakan infrastuktur publik transportasi yang beragam untuk mengatasi kemacetan, angkot harus eksis bis harus banyak harus ada publik transportasi berbasis kereta dan di bandung khususnya dan cable car juga,” Pungkasnya. (BD)

 

Baca Juga  Pemprov Jabar diminta Segera Usut Kelangkaan Pupuk Bersubsidi

 

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close