EkonomiHeadlineRegional

Pasar Sadang Serang Coblong, Ditutup Sementara

BANDUNG, BEDAnews.com – Pasar Sadang Serang di Kecamatan Coblong Kota Bandung, ditutup untuk sementara waktu, menyusul adanya temuan kasus dua orang yang terdeteksi positif terpapar Covid-19.

Direktur Operasional dan Komersil PD. Pasar Bermartabat, Panca Saktiadi menuturkan, temuan dua orang didapat setelah mengikuti rapid test pada minggu lalu. Kemudian didapati hasil reaktif dan dilanjutkan pada pemeriksaan swab test hingga akhirnya diketahui dua orang dinyatakan positif Covid-19. Saat itu juga langsung menjalani isolasi mandiri.

“Pak Wali Kota sudah menginstruksikan PD Pasar untuk menutup pasar Sadang Serang. Itu sudah mulai disosialisasikan kepada para pedagang,” ucap Panca di Pasar Sadang Serang, Selasa (9/6/2020).

Panca menuturkan, penutupan pasar direncanakan dalam jangka dua minggu ke depan. Dalam rentan waktu tersebut pihaknya berharap bisa melakukan rapid test masal kepada para pedagang di Pasar Sadang Serang.

Selain itu, Panca juga tengah menunggu hasil swab test kedua kepada dua orang yang terpapar Covid-19. Untuk kemungkinan buka dalam waktu cepat sebelum masa inkubasi akan dikoordinasikan kembali, karena pihaknya kini mengutamakan menjaga faktor kesehatan di wilayah Pasar Sadang Serang.

“Kita sambil nunggu hasil swab tes kedua, mudah-mudahan negatif. Kita harapkan semua pedagang di rapid test, kemarin baru 45 orang. Semua bahu-membahu bahwa ini adalah kepentingan bersama, bukan hanya pedagang tapi kepentingan masyarakat luas,” terangnya.

Panca mengungkapkan, PD. Pasar Bermartabat bekerja ekstra keras berupaya melakukan pelacakan di Pasar Sadang Serang. Hal itu mengingat kondisi di lokasi sekitar pasar yang tidak hanya dihuni pedagang, namun juga berfungsi sebagai terminal dan sangat dekat dengan kawasan pemukiman.

“Kita tidak bisa menyebutkan beberapa pedagang. Tetapi ini juga menyatu sama terminal. Jadi harus kroscek,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sub Bidang Pengamanan dan Penegakan Hukum Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung, Rasdian Setiadi juga terjun langsung memantau penutupan Pasar Sadang Serang. Dia turut mengapresiasi atas pengertian dari pedagang yang sangat memahami kondisi terkini dengan menghentikan sementara aktifitas berjualan.

“Alhamdulillah berkat kerja sama yang baik dan berkat pemahaman, pengertian dan disiplin masyarakat khususnya para pedagang di sini saya sudah berkeliling monitor sementara ini sudah ditutup sementara. Mudah-mudahan tidak ada lagi kejadian seperti ini ataupun juga di tempat pasar lain,” ujar Rasdian.

Rasdian yang juga sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bandung ini memastikan akan mengawasi walayah pasar.

“Pengawasan melibatkan kewilayahan, untuk sementara ini kalau istilah sunda itu ‘wayahna’, dan perlu kesadaran. Alhamdulillah masyarakat di sini sudah cukup kooperatif memahami pentingnya kesehatan,” katanya. (Alief)

Selanjutnya

Related Articles

Back to top button
Close