Ragam

Menjaga Keikhlasan Hati

Cimahi, BEDAnews

Hidup manusia selalu berhadapan dengan kesusahan dan kesenangan .  Ketika mendapat anugrah ia harus selalu bersyukur, dan  manakala mendapat musibah  berupa kesusahan hidup,  ia harus sabar.

Bagi  mereka yang mendapat anugrah kelebihan harta, ia harus menafkankan rizkinya, menolong orang-orang susah dan ditimpa kemalangan  hidup.

Itulah kata-kata hikmah yang diungkapkan  KH. Drs.Ahmad Zaeni saat berbincang mengenai  orang –orang yang menjaga keikhlasan hatinya. Minggu, 15/02 di Cimahi

Ia mengatakan bahwa ketika  seseorang berbuat  amal soleh  membantu sesamanya baik dengan harta, tenaga dan fikiran ia harus di barengi dengan niat ikhlas mencari Ridha Alloh Swt.

Tetapi, Ahmad mengingatkan  bahwa  pahala  amal solih itu jangan sampai rusak atau hilang  gara-gara  sikap kita mengungkit –ungkit lagi  kebaikan itu kepada orang yang kita tolong sehingga orang yang kita tolong tadi terluka hatinya.

Baca Juga  Wolff Schomaker, Perancang Gedung Merdeka dan Penjara Sukamiskin

  Sikap inilah yang banyak terjadi di  masyarakat,  padahal kita ketika menolong seseorang  jangan mengharapkan balasan atau ucapan terima kasih dari bersangkutan, apalagi sampai mengungkit  lagi, karena Alloh lah yang alkan membalas kebaikannya, Ujar  Sang Kiyai yang sering memberikan pencerahn di kepolisian ini.

Diapun mengutip sebuah hadits yang  mengatakn bahwa  ada tiga orang yang tidak akan masuk surga karena prilaku mereka ketika didunia,  salah satunya orang berinfak atau bersedekah tetapi  mengungkit-ungkit lagi pemberian itu, yang mengakibatkan  si penerimanya sakit hatinya.

“ maka, dari itu kalau kita bersedekah ikhlaskan,  jangan berharap apapun kecuali  keridhaan  Alloh Swt, hanya Dial ah yang kan membalas  kebaikan kita, “ urai  Ahmad Zaeni yang  menjabat Kasie  Madrasah di Kementrian Agama Kota Cimahi.

Baca Juga  20.000 Anak Muda Indonesia, Ambil Bagian Dalam Aksi Sosial “A Better World Prize Festival”

Di uraikan , bahwa Al-Quran juga  mengingatkan  kata-kata maaf itu lebih baik, dari pada member sesuatu tetapi menyakiti  orang yang menerima bantuan itu.

Sebab itu,  H.Ahmad Zaeni mengajak  kepada kita untuk selalu menjaga keikhlasan hati ketika kita melakukan amal kebajikan  agar mendapat rahmat dan kabahagian  dunia –  akhirat. 

“Hanya orang –orang yang ikhlas lah yang tidak bisa di kalahkan dan ditaklukan oleh iblis” pungkasnya.( Harry Gibrant)

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close