HeadlineRegional

Kabupaten Ciamis Putuskan Karantina Lokal Terbatas

Ciamis, BEDAnews.com – Menyikapi penyebaran wabah COVID-19, Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya menyatakan Kabupaten Ciamis akan melaksanakan lockdown terbatas.

“Kami telah bersepakat memutuskan untuk Kabupaten Ciamis melaksanakan Karantina Lokal Terbatas,” ujar Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya di halaman Pendopo Kabupaten Ciamis, Minggu (29/3/2020) usai rakor terbatas yang dihadiri, Wakil Bupati, Forkopimda, Tim Gugus Tugas Percepatan Penangan COVID-19.

Menurut Herdiat, karantina lokal terbatas dimulai 31 Maret 2020 – 30 April 2020 yang selanjutnya akan melihat sikon. Diharapkan dalam sebulan trend corona turun dan akan mencabut kebijakan tersebut, dan apabila meningkat akan diperpanjang.

“Kami akan melaksanakan pengetatan di daerah perbatasan oleh tim dari TNI, POLRI, ASN, disertai petugas medis akan melaksanakan sweeping di daerah perbatasan,” kata Bupati.

Dijelaskannya, sistem checkpoint kendaraan tidak akan dipulangkan, untuk yang sekedar lewat diperbolehkan jika sekedar hanya melintas saja ke kota/kabupaten lain, angkutan umum akan dilakukan pemeriksaan dan pengawasan sekaligus sterilisasi dengan disemprot disinfektan. Sementara warga Ciamis perantau bila mudik akan dicatat dan diarahkan isolasi mandiri.

Tercatat dalam 3 hari 4.200 orang pemudik dari zona merah ke Ciamis diprediksi akan mengakibatkan lonjakan ODP menjadi salah satu dasar diambil status lockdown terbatas.

“4200 tersebut tersebar di beberapa Kecamatan di Ciamis diharapkan tidak terus bertambah” tegas Herdiat seraya menghimbau agar masyarakat tidak panik, tetap tenang dan senantiasa memohon perlindungan Tuhan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Ciamis Herdiat berpesan kepada warga Ciamis, jika tidak ada kepentingan mendesak, lebih baik tinggal di rumah, dengan pola hidup sehat dan bersih dan mengedepankan kesiapan menghadapi Covid19.

Bupati juga menyatakan bahwa warga miskin akan dibantu dengan skema APBD, dan menghimbau para ASN dan DPRD untuk menshadaqahkan sedikit gajinya untuk saudara-saudara yang membutuhkan. (abraham)

Selanjutnya

Related Articles

Back to top button
Close