Regional

Kabel PJU Putus Akibat Penebangan Pohon

CIAMIS, BEDAnews.com – Lampu penerangan jalan umum (PJU) dekat perempatan SPBU Cihaurbeuti diruas jalan raya Rajapolah-Cihaurbeuti, beberapa malam ini padam akibat kabel listriknya terputus.

Asep, seorang warga setempat menyebutkan kabel PJU tersebut putus akibat tertimpa batang pohon saat ada penebangan pohon beberapa waktu lalu, namun dirinya tidak mengetahui siapa yang melakukan penebangan.

“Itu kabelnya putus kurang lebih seminggu lalu akibat tertimpa pohon yang ditebang, hingga beberapa PJU diruas jalan tersebut padam,” ujar Asep, Selasa (16/6/2020) di lokasi putusnya kabel.

Dia mengaku tidak berani membenahi kabel yang tergeletak di bahu jalan serta bergelantung di tiang PJU, lantaran takut tersengat aliran listrik.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis, Endang Sutrisna, saat dikonfirmasi bedanews.com terkait putusnya kabael diruas jalan raya Rajapolah-Cihaurbeuti, mengaku pihaknya belum menerima laporan terkait hal itu.

“Namun kami akan segera melakukan perbaikan untuk menghindari korban, baik akibat tersengat aliran listrik maupun pengguna jalan raya akibat lampu PJU mati,” ujar Endang Sutrisna singkat.

Hal itupun ditindaklanjuti Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis dengan diterjunkannya satu unit mobil pemeliharaan PJU beserta teknisi ke TKP untuk langsung dilakukan perbaikan.

Sementara itu di TKP, Tasimun selaku petugas teknisi perawatan PJU mengatakan saat menerima laporan dan perintah dari Kadishub Ciamis ia bersama tim langsung mengeksekusi. “Walaupun sore hari, kami kerjakan demi keamanan dan kenyamanan pengguna jalan,” ujar Tasimun.

Dalam kesempatan tersebut, Tasimun mengimbau jika masyarakat menemukan lampu PJU yang mati, agar segera melaporkannya ke Kantor Desa untuk dilanjutkan ke Dishub Ciamis.

“Kami pun himbau kepada masyarakat yang akan menebang pohon di dekat jaringan listrik atau PJU agar melapor dulu sehingga terhindar dari bahaya,” ujarnya. (abraham)

Selanjutnya

Related Articles

Back to top button
Close