Ekonomi

Hati-Hati Dengan Buana Kredit

Garut, BEDAnews

Bagi yang ingin mengambil motor dengan cara cicilan, mungkin harus lebih berhati- hati dalam memilih leasing atau lembaga kredit yang keberadaannya semakin marak, karena salah-salah akan terjebak pada kondisi ditagih diluar waktu wajar.

Seperti yang tejadi pada beberapa konsumen Buana Kredit Garut, dimana dalam melakukan penagihan melalui petugas kolektornya, tidak mengenal batas waktu serta etika kesopanan. Seringkali waktu penagihan sampai jam 11 malam, padahal lumrahnya etika orang timur, waktu petang sampai malam hari adalah waktunya istirahat.

Entah tidak faham dengan etika orang timur atau memang perintah dari atasannya, para kolektor ini seringkali menagih konsumen yang menunggak sampai larut malam, tanpa mempedulikan kondisi rumah yang ditagih, apakah si empunya rumah sedang dalam kondisi baik atau tidak.

Contoh kasus adalah yang menimpa “M” salah seorang warga Karangpawitan, waktu itu kondisi istrinya dalam keadaan sakit keras dan mempunyai penyakit jantung, ketika kolektor menagih ke rumahnya jam 10 malam, M sedang tidak ada di tempat sehingga kala itu istrinya yang sedang dalam kondisi sakit, menerima petugas kolektor dari Buana.

Entah karena gaya menagihnya yang kurang berkenan dan tidak pada tempatnya, istri M semakin parah sakitnya, sehingga beberapa hari dari kejadian penagihan tersebut, istri M meninggal dunia.

Lain lagi kejadian yang menimpa “R” seorang warga Garut Kota, dirinya waktu itu sedang mengantar keluarganya ke RSUD dr Slamet Garut, entah apa yang ada di benak kolektor Buana Kredit waktu itu, kolektor itu mengejarnya sampai ke rumah sakit, untung saja penagihan tidak dilakukan di depan pasien yang sedang sakit, namun walaupun penagihan dilakukan di kawasan rumah sakit, tetap saja hal itu tidak etis.

Untuk mengkonfirmasi hal ini, wartawan mencoba menemui kepala cabang Buana Kredit Garut, Abet Herdian di kantornya, namun sedang tidak ada di kantornya, begitu juga dihubungi via telepon, Hpnya tidak aktif. (Yuyus)

Baca Juga  PT. Khasanah Indonesia Raya, Wujudkan Mimpi dan Usaha Jelas

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close