Hukum

Diduga Korupsi, Satreskrim Polres Ciamis Ciduk Kades Nagarajaya

CIAMIS, BEDAnews.com – Jajaran Satuan Reserse Kriminal Polres Ciamis, ciduk Kades Nagarajaya, Kecamatan Panawangan, lantaran diduga melakukan tindak pidana korupsi uang negara senilai 5 Milyar rupiah.

Wakapolres Ciamis Kompol H. Hidyatullah, dalam konferensi pers menuturkan pelaku ditangkap berdasarkan hasil penyelidikan dan penyidikan Tipikor penyimpangan pada pengelolaan keuangan didesanya meliputi Dana Desa, ADD, Banprov, PBB, PAD Sewa Tower, dan BPJS Ketenagakerjaan.

“Dari penyimpangan tersebut, menyebabkan kerugian keuangan negara sebesar setengah miliar rupiah. Lebih tepatnya sebesar Rp.510.945.271,” jelas Wakapolres Ciamis, Rabu (16/9/2020) di Mapolres Ciamis, Jalan Jendral Sudirman No. 271, Sindangrasa, Kabupaten Ciamis.

Dijelaskan Wakapolres, tersangka tidak melaksanakan seluruh kegiatan dana desa tahap dua 2018 sebesar Rp.313 juta untuk pembangunan infrastruktur fisik, ia memerintahkan bendahara mengalokasikan anggaran untuk bayar hutang Kades ke suplier material dan pengembalian temuan pajak 2017.

“90 juta Anggaran Dana Banprov tahun 2018 diselewengkan untuk kepentingan pribadi Kades berupa pembayaran hutang. Dimana anggaran tersebut seharusnya dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur secara fisik di Desa Nagarajaya,” jelas Kompol H. Hidyatullah.

Baca Juga  Manajemen Apartemen Bandung Technoplex Bantah Tudingan Konsumen

Penyelewengan selanjutnya, AH ngembat uang pungutan PBB dari kolektor desa Rp 25 juta dipinjam secara pribadi oleh Kepala Desa namun pembayaran hutang atas nama Pemerintah Desa, APBD dari sewa Tower BTS digunakan untuk kepentingan opersional Kades, tak luput tersangka pun tidak menyetorkan Anggaran BPJS Ketenagakerjaan namun digunakan untuk kepentingan pribadi.

Dalam kesempatan tersebut, Wakapolres menghimbau aparat pemerintah khususnya Pemerintah Desa dalam menggunakan anggaran pemerintah pusat, pemerintah daerah dipakai sebagaimana mestinya sesuai peruntukannya.

“Gunakan untuk kepentingan warga, jangan untuk pribadi. Anggaran itu untuk kepentingan desa dan kembangkan warga,” himbaunya.  (Abraham)

Tags
Back to top button
Close
Close