Pendidikan

Dandim 0501/JP dan Dandim 0503/JB Peduli Anak-anak Sekolah

Jakarta, BEDAnews.com

Bertempat di Aula SMA S.T. Theresia Jl. Gereja Theresia Kel. Gondang Dia, Menteng, Jakpus, Selasa (2/3), Kodim 0501/JP melaksanakan sosialisasi Saka Wira Kartika kepada pelajar SMA S.T. Theresia, yang diikuti oleh pelajar SMA S.T. Theresia sebanyak 116 orang, para guru Pembina kepramukaan SMA S.T. Theresia dan perwakilan dari Koramil Menteng yaitu Serma Toto Warsito dan Pns Anjar Rismana selaku Pembina Saka Wira Kartika di wilayah Menteng.

Kegiatan kepramukaan merupakan sarana menyiapkan kader generasi muda agar tidak menjadi generasi yang lemah, tetapi memiliki kompetensi dan karakter kuat dalam menghadapi perubahan jaman serta tantangan pembangunan bangsa.

“Jajaran TNI Angkatan Darat mendapat amanah untuk membina pramuka, baik dilingkungan internal Angkatan Darat maupun kegiatan kepramukaan yang ada di sekolah-sekolah,” jelas Bati Komsos Kodim 0501/JP, Sertu Arwang R. S.Sos selaku pemberi sosialisasi Saka Wira Kartika.

Selain itu, Sertu Arwang R. S.Sos. juga menjelaskan manfaat dari kegiatan Saka Wira Kartika adalah untuk membentuk generasi muda yang memiliki sikap, disiplin dan kepribadian Pancasila.

Poin pembahasan mendalami kegiatan-kegiatan Saka Wira Kartika melalui krida yang ada yaitu meliputi: 1. KRIDA NAVIGASI DARAT yaitu SKK Pengetahuan Peta dan Medan, SKK Kompas Siang dan Malam, SKK Pengetahuan Resection dan Intersection dan SKK Pengetahuan Global Position System (GPS). 2. KRIDA PIONEERING yaitu SKK Tali Temali, SKK Pembuatan Jembatan Improvisasi, SKK Pembuatan Perkemahan dan SKK Bekal Air dan Listrik. 3. KRIDA MOUNTENEERING yaitu SKK Panjat Tebing, SKK Turun Tebing dan SKK Travesing. 4. KRIDA SURVIVAL yaitu SKK Jenis-jenis Tumbuhan, SKK Jenis-jenis Binatang dan SKK Hutan Gunung dan Ralasuntai, serat 5. KRIDA PENANGGULANGAN BENCANA yaitu SKK Manajemen Penanggulangan Bencana, SKK Perjalanan dan Penanganan Gawat Darurat (PPGD), SKK Pengetahuan Komunikasi Radio dan SKK Tata Cara Memasak

Ditempat terpisah, Kodim 0503/JB menyelenggarakan kegiatan penyuluhan tentang efek dan bahaya Narkoba kepada seluruh prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Keluarga Besar TNI (KBT) jajaran Kodim 0503/JB tahun 2015, yang disampaikan oleh kepala Satuan (Kasat) Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP Gembong Yudha selaku Nara sumber di Aula Makodim 0503/JB.


Sementara Kasdim 0503/JB Mayor. Inf. Ratno. S.Ag menyampaikan bahwa, Narkoba cenderung sejalan dengan arah tindak kriminal dan ini merupakan tindak kejahatan nomor satu yang terjadi sekarang. Selain itu juga dampak dari Narkoba bisa terkena Penyakit yang berbahaya serta kronis bagi para penggunanya.


Salah satu peserta penyuluhan Joseph Hutabarat, SH, MH selaku Jaring Intel Kodim 0503/JB mengatakan bahwa, kegiatan penyuluhan seperti ini sangat bermanfaat, dimana informasi informasi tentang menjadi masukan bagi kita dan akan menjadi tolok ukur kita dalam mengantisipasi peredaran Narkoba di wilayah masing masing. “Kami berharap sinergitas dan komunikasi dengan pihak terkait dalam memerangi Narkoba," ungkapnya. (MR)

 

Baca Juga  Kelompok 6, Selesaikan KKNM Unla di Kelurahan Sadang Serang

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close