Regional

Bupati Aceh Timur, Ajak Masyarakat Cegah Corona Melalui Hidup Sehat

ACEH TIMUR, BEDAnews.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Timur mengajak masyarakat untuk mencegah virus Corona (Covid-19) melalui pola hidup sehat. Hal itu penting diingatkan agar penyakit yang besasal dari negara Cina itu tidak tertular ke daerahnya.

“Banyak hal yang bisa dilakukan masyarakat untuk mencegah virus Corona ini, antara lain mencuci tangan sebelum dan setelah makan menggunakan sabun dan air yang mengalir,” kata Bupati Aceh Timur, H. Hasballah, dalam siaran pers yang diterima redaksi, Sabtu (14/3/2020).

Selain itu, bupati juga menyarankan agar saat bersin dan batuk diminta untuk menutup mulut dan hidung dengan lengan bagian atas atau tisu dan segera buang tisu ke tempat yang tertutup dan bersihkan tangan dengan sabun dan air. Pihaknya juga mengimbau agar masyarakat menghindari menyentuh mata, hidung dan mulut.

“Jika tiba-tiba diantara keluarga mengalami batuk, pilek dan sesak nafas, segera ke rumah sakit atau puskesmas terdekat dan ceritakan riwayat perjalanan dalam sebulan terakhir ke petugas,” ujar Rocky, sapaan bupati H. Hasballah.

Dalam kesempatan tersebut, pemkab juga meminta masyarakat untuk mengkonsumsi makanan yang dimasak sempurna dan hindari makanan yang dimasak setengah matang.

“Jaga jarak 1-2 meter dengan orang batuk, pilek dan orang sakit,” tambah Bupati Rocky seraya mengajak masyarakat menjaga kebersihan lingkungan dan makan dengan gizi seimbang serta perbanyak minum air putih.

Mantan gerilyawan GAM ini juga mengimbau masyarakat tidak perlu meributkan soal kelangkaan masker, karena disaat pola hidup sehat dan lingkungan bersih maka masyarakat tidak perlu memakai masker.

“Jaga kekebalan tubuh, seperti tidur yang cukup dan makan dan minum yang sehat serta hindari begadang malam hari,” ajak Bupati Rocky.

Kepada pengurus Masjid dan Meunasah, Bupati Aceh mengimbau untuk menjaga kebersihan sajadah sebagai tempat shalat berjamaah di Masjid dan Meunasah. “Ayo kita sama-sama menjaga kebersihan, sehingga berbagai penyakit seperti virus Corona ini terhindari dari bumi Aceh,” kata Bupati.

Sementara itu, seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Aceh Timur, juga diajak untuk sama-sama mencegah virus Corona (Covid-19) melalui budaya hidup sehat, makan makanan yang sehat, istirahat yang cukup agar kekebalan tubuh terjaga. Disisi lain, masyarakat juga diajak untuk menjaga kebersihan lingkungan melalui budaya Jumat bersih di desanya masing-masing. (Teuku Saiful)

Selanjutnya

Related Articles

Back to top button
Close