Sosok

Asep Toni Dekel dan LMK Senior

Jakarta, BEDAnews.com

Asep Toni boleh dikatakan sebagai salah satu anggota Dewan Kelurahan (Dekel) dan anggota Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) Kebon Jeruk Senior, karena dipercaya oleh warganya selama 16 tahun berkecimpung didalam menjembatani aspirasi warga sebagai mitra kelurahan.

Asep Toni yang kini menjabat Seksi Bidang Kebersihan dan Lingkungan Hidup LMK Kebon Jeruk saat ditemui diruang Kantor Sekretariat LMK mengatakan apa yang dipercayakan oleh warga ini merupakan amanah. “Amanah didalam menyalurkan aspirasi warga kepada LMK berupa kebutuhan fisik maupun social,” katanya.

Saat ditanya adakah perbedaan Dekel dengan LMK. Dirinya menyatakan, ada perbedaan antara Dekel dengan LMK. Kalau Dekel kegiatannya Tri Bina yang meliputi Ekonomi, Fisik dan Sosial. Namun kegiatan Ekonomi sudah diserahkan kepada Koperasi Kelurahan (KJK PEMK). Sedangkan LMK kegiatanya hanya Dwi Bina yaitu Fisik dan Sosial. 

Baca Juga  Yani Asmawinata Aktivis Organisasi dengan Segudang Prestasi

“Sesuai dengan Perda No.5 Tahun 2010, Dekel berubah menjadi LMK dan  LMK adalah lembaga musyawarah pada tingkat kelurahan untuk menampung aspirasi serta meningkat kan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat,” urainya.
 

Menurutnya, kini keberadaan LMK sudah banyak dirasakan manfaatnya, misalnya saja dalam perbaikan jalan, perbaikan saluran air, perbaikan kantor sekreatriat RW maupun pelatihan-pelatihan bagi ibu-ibu, remaja, ormas dan warga. Terutama karena LMK Kebon Jeruk menjadi terbaik se-DKI Jakarta. “Ini berkat kepemimpinan Firdaus,SH Ketua LMK yang selalu melakukan komunikasi dan kordinasi yang baik kepada anggotanya, TPKK, KPPM, RT/RW dan tokoh masyarakat,” pungkasnya. (Arul)

 

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close