Politik

Tanamkan Nilai-Nilai Pancasila, DPRD Gelar Festival Pancasila

Bandung, BEDAnews.com – Untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila pada generasi muda milenial dalam situasi Wabah Covid-19, DPRD Provinsi Jawa Barat melaksanakan kegiatan parlemen mengabdi dengan menggelar festival Pancasila.

Pada acara puncak kegiatan tersebut digelar Webinar dengan tema “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila di Tengah Covid-19 “ dan dimeriahkan dengan Konser Pancasila yang menghadirkan penyanyi Balada Ferry Curtis dan pengumuman pemenang lomba Festival Pancasila tahun 2020, ujar Komisi I DPRD Jawa Barat Bedi Budiman selaku penanggung jawab kegiatan, Senin (29/6/2020).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi Keynote Speaker dalam webinar tersebut, sedangkan tampil sebagai narasumber tunggal adalah Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Tahun 2017/2018 Yudi Latief, Ph.D.

Ketua Panitia Pelaksana Dr. H. Aep Saepuloh, M.Si. yang juga Wakil Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung menyebutkan, Festival Pancasila tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati lahirnya Pancasila tanggal 1 Juni 2020.

Aep Saepuloh mengungkapkan, berbagai lomba sengaja digelar agar penanaman nilai-nilai Pancasila tidak terasa jenuh dan berat, bahkan mereka mengikutinya dengan menyenangkan karena sesuai dengan jiwa dan karakter generasi milenial, ujar Asep Saepuloh.

“Kami sejak tanggal 18 Mei – 25 Juni 2020 mengadakan berbagai lomba bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila pada generasi muda milenial dalam situasi wabah covid-19. Semua karya dikirimkan melalui link di media sosial masing-masing dan banyaknya view, like atau follower menjadi salah satu aspek penilaian para juri,” ujar Aep Saepuloh.

Menurutnya, acara yang pertama kali dilaksanakan ini mendapatkan animo tinggi dari mahasiswa dan pelajar. Banyak yang view dan likenya di atas 3000, bahkan ada yang di atas 7000 viewer, jelasnya Kamis, (2 /7/2020)

Dalam kesempatan tersebut, Aep juga mengajak para dosen dan guru serta orang tua agar mendukung para mahasiswa, pelajar dan anak-anaknya untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini, guna menanamkan nilai nilai jiwa pancasila di kalangan milenial.

Peserta dari kegiatan ini terdiri dari Kategori Pelajar SLTP dan SLTA, serta Kategori Mahasiswa, dengan ketentuan umum:

  • Konten lomba mengandung “Implementasi Nilai-nilai Pancasila di tengah COVID 19;
  • Konten Tidak mengandung unsur SARA dan menyinggung pihak lain;
  • Karya merupakan hasil orsinil dan belum pernah dilombakan
  • Karya yang dilombakan menjadi milik Panitia.

Jenis lomba yang digelar adalah Meme, Video (Film pendek, film dokumenter, Vlog) dan Speech Contest dan diikuti oleh 181 peserta dengan memperebutkan hadiah total Rp.54 juta. (hargib)

Selanjutnya

Related Articles

Back to top button
Close