Pendidikan

Siswa MAN Selat Asyik Belajar Not Balok Dengan Cara Unik

Kapuas, BEDAnews.com

Sebuah peribahasa mengatakan Seni merupakan sebuah bakat, kenalilah bakatmu, karena setiap manusia dilahirkan dengan bakat-bakatnya yang unik dan berbeda satu sama lain.

Bertempat di Aula Madrasah Aliyah Negeri Selat, para siswa kelas X (sepuluh) IPA 1 diajarkan sebuah pelajaran seni musik tentang Not Balok. Dibawah bimbingan guru seni budaya dan keterampilan (SBK), Bayu Dwi Prasetyo, para siswa sangat antusias dalam memainkan not balok. Not balok ini di mainkannya dengan sangat unik dan mengasyikkan, yakni dengan berbagam cara dari bertepuk tangan, ditambah artraksi-artraksi yang mendukung, sehingga menjadi satu kesatuan yang serasi.

Lamsiah, salah seorang siswa yang sangat menyukai pelajaran SBK mengatakan, ia sangat tertarik dengan cara-cara unik mengenal dan memainkan not balok.

"Banyak pelajaran yang diambil dalam mempelajari not balok ini. Dimana not balok ini mengajarkan tentang ketukan-ketukan yang di pakai dalam menyanyi, tekanan suara, dan tinggi rendahnya nada dalam menyanyi, sehingga dapat bernyanyi sesuai aturannya, ditambah lagi dengan atraksi dari gerakan-gerakan tubuh misalnya bertepuk tangan," ucapnya.

Baca Juga  Hasil Swab Test, 4 ASN Disdik Kota Bandung Positif Covid-19

Permainan dalam not balok ini dimainkan secara beregu atau berkelompok, dimana siswa saling bekerja sama dalam memberikan bakatnya masing-masing dengan menampilkan keunikan-keunikan yang berbeda.

Bayu, selaku guru bidang studi SBK sangat mengapresiasi atas keseriusan siswa-siswinya dalam belajar not balok, hingga mampu menampilkan seni musik not balok dengan cara beragam dan berbeda antara regu satu dengan regu yang lainnya.

"Saya mengajarkan kepada peserta didik tentang not balok ini agar para siswa tidak buta sama sekali tentang not balok, mereka bisa mengenal not-not dengan mudah karena dimainkan dengan cara unik dan menarik, yakni sambil bermain," jelas Bayu, sapaan akrab guru SBK MAN Selat Tengah Kab.Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah.

"Untuk menggali bakat dan minat Siswa di bidang seni musik, saya telah membentuk grup Ensambel Musik sebagai wadah untuk menampung dan mengarahkan siswa yang memiliki kemampuan di bidang seni. Dan saya berharap bakat dan minat seni siswa semakin meningkat dan bisa melahirkan generasi prestasi dalam bidang seni musik mendatang," pungkasnya. (Sri/Tatang)

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close