HeadlineHukum

PN Bandung Gelar Sidang Perdana Sunda Empire Pada 18 Juni 2020

BANDUNG, BEDAnews – Sidang perdana kasus Sunda Empire akan digelar di Pengadilan Negeri (PN) Bandung pada Kamis 18 Juni 2020 mendatang.

Jadwal tersebut ditetapkan setelah JPU dari Kejati mengirimkan berkas pada tanggal 10 Juni 2020 dengan terdakwa Nasri Banks, R Ratna Ningrum, dan Rangga Sasana.

Menurut Humas PN Bandung Wasdi Permana, untuk persidangan perkara Sunda Empire, PN Bandung menunjuk majelis hakim antara T Benny Eko Supriyadi SH MH, Mangapul Girsang SH MH, dan Asep Sumirat Danaatmaja SH MH.

“(Berkas) perkara Sunda Empire diterima di PN Bandung Rabu 10 Juni. Sidang pertama Kamis 18 Juni 2020. Majelis Hakim T Benny Eko Supriyadi SH MH, Mangapul Girsang SH MH, dan Asep Sumirat Danaatmaja SH MH,” kata Wasdi.

Sementara itu kuasa hukum Rangga Sasana mengatakan telah siap untuk mendampingi kliennya di persidangan. “Saya telah siap memberikan pembelaan yang maksimal kepada klien saya Rangga Sasana” ujar kuasa hukum terdakwa Erwin Syahrudin

Menurut Erwin, perkara Rangga Sasana dan Sunda Empire perlu pembelaan khusus. Namun untuk saat ini poin-poin apa saja yang akan menjadi “senjata” di persidangan nanti belum bisa diungkap ke publik.

“Nanti saja setelah ada jadwal sidang. Biasanya kalau sidang sudah dijadwalkan, kami menerima berkas dakwaan terlebih dulu. Namun sampai sekarang karena belum ada jadwal sidang, maka belum menerima berkas dakwaan tersebut,” pungkas Erwin.

Diketahui, kasus Sunda Empire diungkap oleh penyidik Subdit Keamanan Negara (Kamneg) Ditreskrimum Polda Jabar pada awal Januari 2020 silam. 

Rangga Sasana, Nasri Banks, dan R Ratna Ningrum ditetapkan sebagai tersangka kasus menyebarkan berita bohong dan membuat gaduh masyarajat sebagaimana diatur dalam Pasal 14 dan 15 Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Polda Jabar telah melimpahkan berkas perkara kasus Sunda Empire dengan tersangka Rangga Sasana, Nasri Banks, dan R Ratna Ningrum ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar. Namun lantaran saat ini tengah wabah Corona, persidangan untuk perkara Sunda Empire dan tiga tersangka ditunda.

Penahanan Rangga, Nasri, dan Ratna diperpanjang. Saat ini, jaksa sedang menyiapkan surat dakwaan yang akan mengurai perbuatan dan aturan yang dilanggar oleh tersangka Rangga Sasana, Basri Banks, dan Ratna Ningrum. (boed)

Selanjutnya

Related Articles

Back to top button
Close