HeadlineHukum

Selundupkan Ganja 70 kg, Rian Di Ganjar 18 Tahun Penjara

BANDUNG, BEDAnews.com – Rian Ardiansyah (28), tertunduk lesu setelah hakim menjatuhi hukuman 18 tahun penjara. Terdakwa terbukti membawa ganja 70 kg dari Aceh.

Selain Rian, pada sidang itu Majelis Hakim yang dipimpin Toga Napitupulu juga menjatuhkan vonis terhadap terdakwa lainnya, Muhammad Sidiq (23) dengan hukuman 10 tahun penjara. Vonis lebih ringan dari tuntutan JPU Kejati Jabar. Hal itu terungkap dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jln. L.L.R.E Martadinata, Kota Bandung, Selasa (17/12/2019). 

Dalam amar putusannya, Hakim Toga Napitupulu menyatakan terdakwa Muhammad Sidiq dan Rian Ardiansyah terbukti bersalah melakukan tindak pidana pemufakatan jahat tanpa hak melakukan perbuatan melawan hukum, memiliki ganja kering yang beratnya lebih dari 1 kilogram atau lebih dari 5 batang sebagaimana dakwaan primair pasal 114 ayat (1) Undang-Undang No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, sebagaimana dakwaan pertama.

“Menjatuhkan hukuman 18 tahun penjara terhadap Rian Ardiansyah, dan hukuman 10 tahun penjara terhadap terdakwa Muhammad Sidiq,” tutur hakim saat membacakan amar putusannya.

Selain hukuman badan, kedua terdakwa juga dikenakan denda sebesar Rp 1 miliar atau diganti masa tahanan selama satu tahun. 

Pada uraiannya, hakim juga menyampaikan hal yang menjadi pertimbangan dalam memutus perkara. Hal yang memberatkan, kedua terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas narkotika. Sementara hal meringankan, terdakwa bersikap sopan, mengakui perbuatannya dan belum pernah dihukum.

Lebih lanjut majelis hakim menyebutkan, perbuatan terdakwa berawal saat tim BNNP Jabar menerima informasi adanya transaksi narkotika jenis ganja di wilayah Bogor. Tim langsung melakukan penyelidikan dan mencurigai sebuah mini bus jenis Innova yang diderek dari arah Jakarta menuju Bogor. 

Selanjutnya, saat tiba di wilayah Bogor mobil tersebut berhenti di salah satu toko ban. Kemudian tim dari BNNP Jabar melakukan penyergapan dan menemukan barang bukti narkotika jenis ganja kering  seberat 70 kilogram,” tutur hakim.

Ganja yang diselundupkan para terdakwa langsung dari Aceh dengan rute Lampung melaluli jalur darat. (Boed)

Selanjutnya

Related Articles

Back to top button
Close