PendidikanRegional

Sekolah Lansia Pertama Kota Bandung, Diresmikan

BANDUNG, BEDAnews.com – Untuk memfasilitasi kegiatan para warga lanjut usia (lansia), Pemerintah Kota Bandung mendirikan Sekolah Lansia dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan perilaku lansia terhadap kesehatan, meningkatkan indeks kebahagiaan lansia, meningkatkan kualitas hidup dan produktifitas lansia dan meningkatkan kemandirian dari aspek kesehatan fisik, psikologi, sosial dan spiritual. 

Sekolah Lansia Sibulan, di Kantor Kecamatan Sukajadi, adalah Sekolah pertama Lansia yang diresmikan oleh Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Rabu (5/2/2020) dan rencananya akan ada 4 sekolah lainnya di Antapani, Sukajadi, Ujungberung dan Cinambo.

Perlu diketahui, lansia di Kota Bandung tercatat sebanyak 275.140 jiwa, atau sskitar 11% dari 2.452.179 jiwa total penduduk Kota Bandung. Sedangkan angka harapan hidup (AHH) Kota Bandung mencapai usia 74 Tahun.

“Sekolah ini diharapkan bisa meningkatkan indeks harapan hidup para lansia. Sehingga mereka tetap bisa sehat dan mandiri,” ujar Yana. 

Menurut Yana, meski berlabel sekolah, nantinya pendidikan yang disampaikan lebih ke aplikatif bukan teoritis. Mengingat para lansia lebih mudah untuk melakukan yang aplikatif. 

“Tidak teoritis. Untuk pesertanya itu didata dulu, tawarkan kepada para lansia. Mau ikut atau tidak? Intinya lebih sukarela,” tuturnya. (Alief)

Selanjutnya

Related Articles

Back to top button
Close