PendidikanRegional

Sekolah Lansia Akan Ajarkan Banyak Hal

BANDUNG, BEDAnews.com – Sekolah Lansia akan mengajarkan mengenai pengenalan proses penuaan, pencegahan penyakit, meningkatkan kebugaran dan keseimbangan, pencegahan dimensia atau kepikunan dan keterampilan dan produktif. 

Hal itu disampaikan Ketua Indonesia Ramah Lansia (IRL), Susiyana saat peresmian Sekolah Lansia Sibulan, di Kantor Kecamatan Sukajadi, oleh Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Rabu (5/2/2020).

“Salah satu program unggulan IRL, seperti pencegahan penyakit ada juga pojok dimensia. Jadi kepikunan itu ada upaya pencegahan dengan bermain game seperti main puzzzle, supaya ada stimulasi motorik halus sehingga berfungsi baik,” jelas Susiyana.

Sekolah lansia, lanjut Susiyana, tidak hanya sekedar mempelajari mengenai aspek kesehatan fisik. Tetapi juga memiliki keterkaitan antar elemen baik kesehatan fisik itu sendiri yaitu aspek sosial, psikologis, ekonomu dan spiritual. 

“Contohnya di Sukajadi ini ada 12 kali pertemuan. Pertama materinya pengenalan proses penuaan. Lanjut memahami mengenai kondisinya (lansia). Selain itu Kita yang kenalkan program lansia,” katanya.  

“Kita akan beri pengetahuan tentang gizi lansia. Makanan apa saja yang bisa maupun yang tidak bisa dicerna oleh lansia. Selain itu kita ajarkan musik juga kesenian,” katanya. (Alief)

Selanjutnya

Related Articles

Back to top button
Close