TNI-POLRI

Pomdam Jaya Melaksanakan UTP Umum

Jakarta, BEDAnews.com

Personel Pomdam Jaya mengikuti Uji Terampil Perorangan (UTP) Umum tentang berbagai keterampilan, Senin (13/03) hingga Selasa (14/03) mendatang di Lapangan Upacara Mapomdam Jaya Jl. Sultan Agung No.33 Jakarta Selatan.

Ketrampilan-ketrampilan yang diujikan diantaranya pengetahuan senjata, Longmalap, intelijen, navrat, Nikpusar, Pionir dan Talimenali. “UTP tersebut untuk mengasah dan mengingat kembali dasar kemiliteran guna meningkatkan profesionalisme prajurit yang dilaksanakan setiap awal tahun,” ujar Katuud Pomdam Jaya Mayor Cpm Sonder John Wendhy.,S.H., M.Hum , saat meninjau latihan di Lapangan Upacara Mapomdam Jaya .

Dalam UTP tersebut, Kaurpam Tuud Pomdam Jaya Kapten Cpm E Syamsudin bertindak langsung sebagai pimpinan umum latihan, sedangkan para penguji adalah seluruh perwira di jajaran Mapomdam Jaya. “Uji terampil itu bertujuan pertanggung jawaban dari komando penyelenggara latihan dalam perencanaan latihan serta meningkatkan ketrampilan dan kecakapan secara perorangan untuk mencapai kualifikasi ketrampilan,” tandasnya.

Baca Juga  Pencegahan Virus Covid-19, Seskoad Gunakan Teknologi Sinar UVC

Melalui UTP tersebut, tambahnya, para prajurit diharapkan mampu dalam pelaksanaan tugas sesuai bidang masing-masing. UTP juga dilaksanakan untuk menguji kemampuan perorangan yang dimiliki setiap prajurit, sesuai kecakapan SJM, guna mendapatkan data kualitatif valid tentang pemahaman dan penguasaan terhadap pengetahuan serta ketrampilan umum sesuai tingkat kecakapan untuk kepentingan pembinaan personel.

UTP sendiri merupakan program latihan yang dilaksanakan setiap tahun. Namun bukan berarti bahwa latihan hanya bersifat seremonial semata, tapi merupakan tahap latihan untuk menguji keterampilan perorangan dari materi yang telah diperoleh dan dilatihkan pada tahap Latorsar (Latihan Perorangan Dasar). (MR)

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close