Regional

Pemkot Bandung Akan Pasang Banyak Wastafel Di Pasar Dan Terminal

BANDUNG, BEDAnews.com – Pemkot Bandung memasang wastafel di sisi utara Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat dan sisi selatan Alun-alun Bandung, sebagai upaya edukasi kepada warga tentang pentingnya mencuci tangan untuk pola hidup bersih dan sehat.

“Ini bukan hanya dalam rangka penanganan Covid-19, tapi saya berharap ini juga menjadi edukasi untuk masyarakat tentang PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat),” ujar Wali Kota Bandung Oded M. Danial, saat pemasangan wastafel, Senin (23/3/2020).

Menurut Oded, wastafel itu berupa tempat mencuci tangan lengkap dengan toren air dan tempat sabun. Ada pula wadah untuk tisu dan tempat sampah. Fasilitas ini juga dilengkapi dengan lampu bertenaga surya agar bisa terang di malam hari.

Selain uji coba di dua lokasi ini, Oded akan memasang fasilitas yang sama di 28 titik lainnya. Sebagian besar akan disimpan di pasar dan terminal di mana banyak masyarakat beraktivitas.

“Kebanyakan di pasar, yang jelas di tempat orang ramai, seperti terminal juga,” katanya.

Ia juga telah mengimbau gedung perkantoran untuk melakukan hal yang sama. Ia berterima kasih karena telah banyak gedung-gedung kantor yang memasang fasilitas mencuci tangan sebelum memasuki gedung.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh instansi dan kantor di Kota Bandung, baik negeri maupun swasta yang sudah merespon positif program PHBS ini,” ucapnya.

Ia berharap fasilitas ini bisa dirawat bersama oleh masyarakat. Jangan sampai itu dirusak oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

“Mari kita jaga dan pelihara fasilitas ini,” ajak Oded. (Alief)

Selanjutnya

Related Articles

Back to top button
Close