PendidikanRegional

Orang Sunda Asli, Dihimbau Gunakan Basa Sunda

BANDUNG, BEDAnews.com – Seluruh warga Bandung yang asli orang Sunda, dihimbau Wali Kota Bandung Oded M. Danial untuk menggunakan bahasa ibunya di rumah dalam percakapan sehari-hari.

“Dalam rangka meningkatkan penggunaan Bahasa Sunda, kita warga Bandung punya Perda. Sebaiknya kita warga Bandung melaksanakan Perda tersebut. Kita membiasakan diri pakai Bahasa Sunda,” tutur Oded usai membuka kegiatan Festival Sastra dalam rangka memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional di Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan (YPK), Jumat (21/2/2020).

Peraturan Daerah (Perda) yang dimaksud walikota adalah Perda Kota Bandung Nomor 9 Tahun 2012 tentang Penggunaan, Pemeliharaan, dan Pengembangan Bahasa, Sastra dan Aksara Sunda.

Oded mengakui, saat ini rata-rata penggunaan bahasa nasional di Kota Bandung memang mendominasi. Sebab, Kota Bandung adalah kota besar yang banyak dihuni oleh para pendatang. Penggunaan bahasa nasional pada ruang-ruang publik pun tak terhindarkan karena ada Peraturan Presiden yang mengatur soal itu.

“Meskipun susah, karena kalau di kota besar ini banyaknya menggunakan Bahasa Indonesia karena tidak semua orang bisa Bahasa Sunda. Minimal untuk orang Sunda asli pituin di rumah masing-masing mah atuh pakai bahasa Sunda supaya minimal bisa terpelihara,” ujarnya.

Oded berharap warga Bandung bisa memuliakan Bahasa Sunda dan bangga menggunakannya dalam percakapan sehari-hari. Sebab bahasa adalah jati diri sebuah bangsa, jika bahasa hilang, maka hilang pula bangsa itu.

Kegiatan itu juga diisi dengan tausiyah dari Ustaz Evie Effendy dan pagelaran wayang oleh dalang Lili Adi Sunarya. Acara juga diisi dengan penampilan band dan pameran buku-buku berbahasa Sunda. (Alief)

Selanjutnya

Related Articles

Back to top button
Close