Ekonomi

Kota Bandung Kucurkan Bantuan Kredit Untuk Pedagang Kecil

Bandung, BEDAnews.com 

Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat terutama para pedagang kecil, Pemerintah Kota Bandung mengucurkan kredit rakyat pada tahun 2015 ini sebesar Rp 32 Miliar yang disalurkan melalui Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kota Bandung.

"Tahun ini, kita memiliki program kredit untuk para pedagang kecil yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Tahun ini dianggarkan  sebesar Rp 32 Miliar yang dititipkan di BPR Kota Bandung," ujar Wakil Wali Kota Bandung, Oded M. Danial usai menjadi imam dan khatib Jumat di Masjid Al-Ghofar, Jln. Pelindung Hewan, Astanannyar, Jumat (27/3).

Menurutnya, kredit ini tidak menggunakan agunan atau jaminan. Dengan demikian, diharapkan akan memudahkan masayarakat untuk mengakses kredit ini untuk mengembangkan usahanya. Salah satu kendala masyarakat untuk mengakses pendanaan terletak pada agunan atau jaminan tersebut. 

"Khusus untuk kredit ini tidak ada agunan bagi masyarakat. Kemudahan ini sengaja diberikan supaya perekonomian masyarakat bisa berkembang dengan baik sesuai dengan harapan," ungkapnya.

Dijelaskan Oded, pemberian kredit dengan tanpa agunan tersebut bukannya tanpa alasan yang matang. Dalam hal ini, masyarakat diharapkan tidak terjerat rentenir untuk mendapatkan pendanaan. Karena keberadaan rentenir yang memberikan bantuan pendanaan sangat merugikan masyarakat.

Namun untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, maka pencairan kredit ini hanya bisa dikucurkan kepada kelompok masyarat bukannya perorangan. terkait dengan amsalah pencairan dan teknis lainnya seperti verifikasi sepenuhnya akan dilakukan oleh BPR Kota Bandung.

Meski tanpa agunan namun pihaknya berharap masyarakat tetap mengikuti peraturan yang berlaku terutama dalam membayar pinjaman setiap bulannya. Untuk meringankan masyarakat, maka bunga pinjaman pun relatif sangat kecil yakni 6 persen per tahun.

"Jadi per bulannya hanya 0,5 persen. Bunga yang tidak memberatkan sehingga masyarakat bisa membayar pinjaman per bulannya," tambahnya. (Cil/BD)

 

Baca Juga  Untuk E-Commerce, PermataBank Maksimalkan Keunggulan PermataShoppingCard

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close