Ragam

Kemenhub-Aptrindo Gelar Program Truk Pelopor Keselamatan Lalu Lintas

Jakarta, BEDAnews.com

Bertempat di Terminal Peti Kemas Koja Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Pudji Hartanto meresmikan program Truk Pelopor Keselamatan Lalu Lintas, Senin (13/3/2017).

Pudji mengatakan, program ini diinisiasikan oleh Kemenhub dan Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo). Program ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas kepada pengusaha dan sopir truk angkutan barang.

"Program ini dilakukan untuk tingkatkan pelayanan angkutan barang agar lebjh profesional dan efisien, khususnya pada operator dan pemilik barang," ujar Pudji.

Pudji menerangkan, program juga untuk menjaga ketertiban dan kepatuhan angkutan barang seperti jumlah barang yang dimuat sesuai dengan Jumlah Berat yang diijinkan (JBI) sebagaimana terdapat pada buku uji.

Selain itu, sopir dapat mematuhi ketentuan tata cara pemuatan, dimensi dan daya angkut kendaraan, serta kelas jalan yang dilaluinya.

Program ini juga masuk ke dalam Rencana Umum Keselamatan Nasional (RUKN) yang memiliki lima pilar. Pudji menjelaskan bahwa pada pilar ketiga, berkaitan dengan keselamatan berkendara.

Baca Juga  BJ Habibie, Mak Comblang Kota Bandung Dengan Forthworth

Dalam kesempatan ini, pengusaha dan sopir bersama-sama mendeklarasikan dan berkomitmen untuk mewujudkan keselamatan berlalu lintas pada angkutan barang.

"Pengusaha sudah komitmen. Dalam kesempatan ini kami berharap ini menjadi suatu kenyataan. Ke depan kinerja pengemudi truk semakin baik semakin tertib, dan memahami peraturan yang ada, termasuk kebersihan kendaraan," katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Aptrindo Gemilang Tarigan mengatakan, untuk mendukung program tersebut pihaknya telah menciptakan Sistem Informasi Angkutan Barang (SIAB).

Dengan SIAB ini, nantinya pengusaha dapat memonitor keberadaan angkutan barang secara nyata atau real time.

"Aptrindo telah bangun sistem elektronik yang mampu telusuri pengemudi dan kendaraan. Deklarasi yang dilakukan juga menjadi awal penerapan keselamatan nasional angkutan barang," tandasnya.

Hadir dalam peresmian program ini, Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Andrianto Djokosoetono, Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) bidang Perhubungan Carmelita Hartoto, Ketua Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugraha. (Aris)

Baca Juga  20.000 Anak Muda Indonesia, Ambil Bagian Dalam Aksi Sosial “A Better World Prize Festival”

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close