HeadlineHukum

Indaw Pemilik Ganja 168 kg di Vonis 20 Tahun Penjara

BANDUNG, BEDAnews.com – Indaw Darussalam pemilik ganja seberat 168 kg tertunduk lesu setelah majelis hakim Pengadilan Negeri Bandung menjatuhkan vonis selama 20 tahun penjara.

Indaw dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan memiliki ganja seberat 168.733,20 gram, sebagaimana dakwaan pasal 114 Ayat (2) Undang-Undang RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Vonis yang dibacakan majelis hakim Muhammad Razad tersebut lebih ringan dari tuntutan jaksa yang menuntut hukuman mati. Hal itu terungkap saat sidang pembacaan putusan yang digelar di Pengadilan Negeri Bandung Jalan RE Martadinata Kota Bandung, Selasa (21/1/2020).

Terhadap vonis 20 tahun itu terdakwa, maupun penasihat hukumnya Ira Margaretha Mambo,menyatakan menerima.

“Kami menyatakan menerima atas putusan tersebut, yang penting klien kami tidak dihukum mati” ujar Ira Margaretha.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa terungkapnya kasus ini berawal dari informasi masyarakat yang masuk ke Badan Nasional Narkotika Proplnsi Jawa Barat pada tanggal 28 Juni 2019, tentang adanya seorang warga Bogor yang diketahui bernama Indaw Darusalam Alias Indaw, akan melakukan transaksi narkotika yaitu akan menerima atau mengambil narkotika diwilayah Depok.

Atas lnformasi tersebut, angota kepolisian yang diperbantukan di Badan Narkotika Nasional Propinsi Jawa Barat melakukan penyelidikan terhadap terdakwa Indaw Darusalam Alias Indaw. Tim mencari informasi keberadaan dari terdakwa Indaw Darusalam yang beralamat didaerah Parung Kab. Bogor, namun setelah dilakukan alamat tersebut adalah tempat tinggal orang tuanya terdakwa Indaw.

Selanjutnya didapatkan informasi bahwa terdakwa Indaw Darusalam pada harl Minggu tanggai 30 Juni 2019 akan berangkat ke Depok, menggunakan mobil sewaan Avanza warna Sliver Metalik dengan Nopol. : F XXXX HC. Kemudian aparat polisi langsung mencarl kebaradaan terdakwa berikut kendaraan yang digunakan oleh terdakwa Indaw Darusalam ke Depok, dan sesampainya dijalan Raya Sawangan Kota Depok Provlnsi Jawa Barat, mobil Avanza yang dikemudikan terdakwa terkena terjebak macet.

Kemudian dilakukan penangkapan, dan ketika dilakukan pengeledahan ditemukan dibagian belakang mobil terdapat 5 (Ilma) dus besar yang diduga berisikan ganja sebanyak 76 bungkus. Hal tersebut diakui oleh terdakwa Indaw Darusalam, isinya adalah narkotika jenis ganja, yang didapatkan dari Hafed Hasab (DPO) atas perintah dari Kubil Alias Kubal (DPO).

Menurut pengakuan terdakwa saat itu ia ditawari pekerjaan untuk mengambil paket yang isinya ganja. Kemudian atas tawaran dari Kubil, terdakwa menyanggupinya. Dan dijanjikan oleh Kubil alias Kubal (DPO) upah sebesar Rp 100.000,/kg nya (boed)

Selanjutnya

Related Articles

Back to top button
Close