Pendidikan

Guru Besar UIN Bandung Bertambah, Wujudkan Wahyu Memandu Ilmu

BANDUNG,BEDAnews.com – Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati atau dikenal dengan nama UIN Bandung, terus menambah  guru besar. Kali ini adalah Prof. Dr. Badruzzaman Yunus, MA, yang dinobatkan sebagai guru besar di bidang Ilmu Tafsir di fakultas Ushuluddin. Sehingga sampai saat ini UIN Bandung sudah memiliki 36 guru besar yang menguasai berbagai bidang keilmuan.

Wakil Rektor I bidang Akademik, Prof. Dr. Rosihon Anwar, M.Ag., sangat mengapresiasi  penambahan  guru besar di UIN Bandung. Menurutnya, meski guru besar merupakan karir akademik yang harus dilewati oleh setiap dosen (individu), tetapi implikasinya bisa meningkatkan kualitas atau mutu Institusi Perguruan tinggi.

“Penambahan guru besar merupakan capaian yang membagakan bagi institusi UIN Bandung, sebab bisa berimplikasi terhadap kualitas akademik,“ ungkap Rosihon, saat dikonfirmasi di Kampus UIN Bandung, Jl.AH.Nasution, No.105 Bandung, Kamis, (30/07/2020).

Dijelaskan Rosihon, semakin banyak guru besar, semakin meningkat pula percepetan kualitas pengkaderan keilmuan. Sehingga  berimplikasi pula kepada kualitas pembelajaran, meningkatnya penelitian, banyaknya publikasi karya ilmiah dan mutu lulusan.

Rosihon berharap guru besar- guru besar UIN Bandung bisa mejadi destinasi transformasi keilmuan-keilmuan serta bisa menjadi rujukan keilmuan di Jabar khususnya dan umum di tingkat nasional bahkan internasional.  

Ditambahkan Rosihon, bahwa dengan bertambahnya guru besar peluang untuk menggapai Class Word University semakin besar. Sebab, indikator rasio jumlah ideal guru besar dengan jumlah dosen yakni 10 persen dari jumlah dosen.

“Semoga penambahan Guru Besar bisa berimplikasi kepada peningkatan kualitas Tri Dharma Perguruan tinggi yakni pengajaran, penelitian dan pengabdian,“ ujar Rosihon berharap.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Rosihin secara pribadi mengucapkan selamat dan sukses kepada Prof. Dr. Badruzzaman Yunus, MA yang telah meraih guru besar di bidang Ilmu Tafsir di fkultas Ushuluddin UIN SGD Bandung.

”Saya secara pribadi bersyukur fakultas Ushuluddin guru besarnya bertambah. Semoga berimplikasi kepada mutu akademik dalam mewujudkan Wahyu Memandu Ilmu,” ujarnya. (hargib) 

Selanjutnya

Related Articles

Back to top button
Close