HeadlineHukum

Demi Harta Warisan, Luke Palsukan SKAW

BANDUNG, BEDAnews.com – Diduga memalsukan surat keterangan ahli waris (SKAW) Luke Rachmat Surya Puluhulawa alias Luke (49) dihadapkan ke meja hijau untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya dalam sidang perdana yang dipimpin majelis hakim Edison. M, di Pengadilan Negeri Kelas I A Khusus Bandung, Kamis (2/1/2020)

Dalam uraian dakwaan yang dibacakan bergantian jaksa penuntut umum Luky Afgani, SH dan Melur, SH  menyebutkan, terdakwa Luke telah melakukan tindak pidana memalsukan Surat Keterangan Ahli Waris  (SKAW) tanggal 15 Januari 2014, atas nama Rachmat Surya Puluhulawa yang diterbitkan atau dikeluarkan oleh Camat Cidadap. 

Surat keterangan ahli waris tersebut, digunakan untuk menguasai dan memiliki harta warisan dari almarhum H. M. Willy Suganda. Luke sendiri adalah anak dari perkawinan H. M. Willy Suganda dengan Hj. Laurina Hawaria Liando.

Kemudian kata Jaksa setelah beberapa tahun, H.M Willy Suganda meninggal dunia terdakwa Luke meminta kepada Dedy Ruhul yangbjuga Ketua RW 02 Kelurahan Ledeng Kecamatan Cidadap untuk mengurus penerbitan surat keterangan ahli waris yang isinya bahwa hanya terdakwa ahli waris dari almarhum Wllly Suganda. 

Padahal terdakwa mengetahui ada ahli waris lain dari  almarhum Willy Suganda, yakni Dian Novina dan Muhammad Amir Zafran Suganda anak HM Willy Suganda, serta Ayesha Zahra Ramadhan Suganda sebagaimana dinyatakan dalam putusan Pengadilan Agama Bandung nomor 189/Pdt P/2012IPA Bdg tanggal 12 April 2012 tentang akta perdamaian.

Setelah surat keterangan ahli waris Itu diterbitkan oleh Kecamatan Cidadap, terdakwa mempergunakannya untuk melakukan balik nama 5 sertifikat hak milik atas tanah yang terletak di Desa Mekarwangi, Kecamatan Lembang dengan Nomor SHM 425. 439. 441, 457 dan 1013, yang semula pemegang haknya tercatat atas nama Muhammad Willy Suganda menjadi milik terdakwa

“Dengan digunakannya surat keterangan ahll waris dari Kecamatan Cidadap yang memuat keterangan yang tidak benar tersebut, maka para ahli waris melaporkannya ke Polrestabes Bandung,” kata Jaksa dalam dakwaannya.

Atas dakwaan tersebut terdakwa melalui penasihat hukumnya, akan mengajukan nota keberatan eksepsi pada sidang mendatang

Atas perbuatannya, jaksa penuntut umum mendakwa Luke dengan pasal 266 ayat (1) atau pasal 266 (2) KUHP dan Pasal 263 ayat (1) KUHP dengan ancaman 6 tahun penjara. (boed) 

Selanjutnya

Related Articles

Back to top button
Close