Seni Budaya

Dadang Ahmad Fajar Raih Penghargaan Bupati Cianjur

Cianjur, BEDAnews.com – Budayawan Cianjur Dr. Dadang Ahmad Fajar, M.Ag., mendapat penghargaan dari Plt Bupati Cianjur Herman Suherman atas jasanya sebagai budayawan /seniman yang telah melindungi, mengembangkan dan memanfaatan seni budaya Cianjur.

Dadang Ahmad Fajar, merupakan satu dari Delapan Budayawan /seniman Cianjur yang dianugrahi penghargaan dari pemerintah daerah yang disampaikan ditengah suasana COVID 19, bertepatan dengan peringatan hari jadi Cianjur ke-343 yang digelar di Pendopo, Minggu (12/07/2020) lalu.

Bah Dadang, demikian sapaan akrabnya ini, memang sangat layak dan pantas mendapat perhatian dan penghargaan atas kontribusi dan jasanya dalam “Ngamumule” gelaran Seni Kuda Kosong yang sampai sekarang masih eksis dan selalu di gelar mewarnai semarak  hari jadi Cianjur.

Bukan hanya itu, ia juga merawat dan melestarikan ratusan jenis tanaman langka (tanaman hampir punah) sebagai wujud komitmen dalam menjaga ekosistem agar tetap lestari dan memberi manfaat kepada umat manusia.

Atas penghargaan tersebut, sesepuh Pondok Pesantren Al-Ukhuwah Panembong ini memberikan apresiasi, dengan menyampaikan terimakasih kepada Plt Bupati Herman Suherman atas komitmen, perhatian dan penghargaannya kepada para budayawan/seniman cianjur.

“Momen penghargaan kepada para budayawan dapat menjadi embrio dan inspirasi kepada daerah lain demi menjaga dan melestarikan budaya sunda,” ujar bah Dadang.

Berikut para budayawan /seniman yang mendapat penghargaan diantaranya adalah KH. Dr. Dadang Ahmad Fajar, M.Ag., E.Nani Supriyatna (alm), Tatang Setiadi, H.Memet M Thohir, Dadan Sukandar, Pepet Djohar, RH. Azis Ay’Arie dan KH. Djalaluddin Isaputra.

Kembalikan Slogan Cianjur Ke Sugih Mukti

Dalam kesempatan tersebut para budayawan dan seniman Cianjur meminta Bupati mengembalikan slogan Cianjur ke Sugih Mukti. Karena menurut mereka, dengan mengembalikan slogan tersebut akan mengembalikan Tiga Citra Pilar Cianjur yakni Mamos, Ngaos dan Maenpo.

“Kami mendesak Bupati untuk mengembalikan Slogan Cianjur Sugih Mukti, dan saya juga berharap kedepannya bupati dapat lebih memperhatikan para budayawan dan seniman Cianjur,“ tegas bah Dadang. (HR)

Selanjutnya

Related Articles

Back to top button
Close