HeadlineRegional

Arsip Kota Bandung Raih Penghargaan ANRI

SURAKARTA, BEDAnews.com – Pemerintah Kota Kota Bandung meraih Penghargaan Penerapan Pengawasan Kearsipan dengan kategori memuaskan, hasil penilaian Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Kearsipan.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menerima langsung penghargaan tersebut dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo di The Sunan Hotel, Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (26/02/2020).

Oded  bersyukur mendapatkan penghargaan terkait pengawasan arsip tersebut dengan peringkat 26 kategori memuaskan. Padahal padatahun 2017, Kota Bandung masih berada di peringkat 107.

“Alhamdulillah Kota Bandung meraih penghargaan kearsipan dari ANRI, dengan kategori memuaskan. Kami bersyukur sekarang kategori memuaskan. Dari buruk, cukup, baik, dan sekarang memuaskan,” katanya usai acara.

Ia pun berhara, tidak hanya sekedar mendapat penghargaan, tetapi sebagai perwujudan Pemkot Bandung memperhatikan dan sadar terhadap persoalan kearsipan. Sehingga akan berdampak pada kinerja dalam membangun Kota Bandung.

Baca Juga  Sekda Kota Bandung Sebut Media Memiliki Peran Vital Pada Masa Pandemi Covid-19

“Banyak kasus terjadi karena arsip kita lemah, atau arsipnya kurang baik. Dampaknya bahkan di pengadilan kita kalah oleh mafia tanah. Kalau arsipnya bagus, mudah-mudahan tidak akan terjadi kasus seperti itu,” ucapnya.

Menurutnya, penataan arsip akan berpengaruh terhadap kinerja sebagai pembanding di kemudian hari. Oleh karenanya pengarsipan harus semaksimal dan seoptimal mungkin.

“Ke depan, harus ada peningkatan skill, kompetensi OPD di kearsipan, Dispusip (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan) ini. Selain itu, kita akan bangun Depo Arsip empat lantai di Gedebage. Sehingga arsip di Kota Bandung lebih terjamin dengan adanya infrasturktur tersebut,” ujar Oded. (Arief-Kur)

Back to top button
Close
Close