Komunitas

Alokasikan Dana Harus Tepat Sasaran Dan Prioritas

Kapuas, BEDAnews.com

Dalam rangka untuk melakukan pembahasan dan konsolidasi program kegiatan prioritas yang akan dilaksanakan oleh OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas Tahun 2018, sekaligus mensinergikan antara prioritas pembangunan pada rancangan rencana kerja OPD Kabupaten Kapuas dengan usulan prioritas Kecamatan hasil musrenbang Kecamatan.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kapuas mengadakan rapat Forum Gabungan Organisasi Perangkat Daerah (Forum Gabungan OPD) yang dilaksanakan di Aula Bappeda Kabupaten Kapuas, Kamis (9/3).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi Asisten II Setda Kapuas H Masrani dan Kepala Bappeda Kabupaten Kapuas Yan Hendri Ale, dikikuti oleh peserta OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Kapuas, para Asisten, Staf Ahli, Kepala Bagian, fasilitator desa dan GSI serta para Camat dan unsur Staf delegasi Kecamatan.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dalam arahan serta petunjuk kepada seluruh peserta agar dalam menentukan program kegiatan harus benar-benar tepat sasaran memperhatikan skala prioritas serta harus  berdasarkan bebutuhan yang mendesak dan diperlukan di dalam masyarakat.

Baca Juga  Anies Baswedan Setuju Jakarta Jadi Tuan Rumah HPN 2021

Dia juga memberikan stressing kepada seluruh peserta agar dalam pelaksanaan tugas harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab, bekerja keras, bekerja jujur, inovatif dan kreatif bagaimana menciptakan sesuatu yang tidak pernah dipikirkan olah orang lain untuk dikerjakan dan menghasilkan sesuatu yang baru, sehingga tidak terpaku dengan kegiatan-kegiatan maupun tugas rutinitas saja, dan harus peka dengan apa yang diperlukan dan dibutuhkan olah masyarakat, katanya.

Dia juga berjanji, akan mengusulkan kenaikan pangkat istimewa kepada para ASN yang berhasil menciptakan sesuatu yang baru dan diakui secara nasional.

Dalam kesempatan tersebut juga, Bupati meminta kepada seluruh Kepala OPD Kabupaten Kapuas dan Camat untuk memperhatikan kebersihan, keamanan di lingkungannya kantornya masing-masing. “Usahakan suasana baik di dalam maupun diluar kantor dalam keadaan bersih dan asri dengan tanaman-tanaman pohon pelindung maupun bunga bunga,” pinta Ben Brahim.

Sementara itu Kepala Bappeda Yan Hendri Ale dalam pers lirisnya mengatakan bahwa tujuan kegiatan tersebut adalah untuk mensinkronisasikan usulan kegiatan prioritas pembangunan dari Kecamatan dengan rencana kerja organisasi perangkat daerah (Renja OPD) Kabupaten Kapuas serta menetapkan prioritas renja OPD berdasarkan sinkronisasi prioritas kegiatan pembangunan yang berasal dari Kecamatan dengan renja OPD Kabupaten Kapuas.

Baca Juga  SMSI Perwakilan Bekasi Raya Periode 2020-2025, Resmi Dilantik

Lebih jauh dikatakannya sebagai bahan pembahasan lebih lanjut sebelum penyusunan rancangan akhir RKPD yang disesuaikan dengan prioritas renja OPD dan pagu dana indikatif OPD yang termuat dalam prioritas pembangunan daerah dalam rancangan rencana kerja pembangunan daerah (RKPD)  Kabupaten Kapuas Tahun 2018.

Kegiatan itu dilaksanakan selama 1 hari dengan mekanisme mendengarkan laporan dan paparan Kepala Bappeda Kabupaen Kapuas, paparan dari masing masing para kepala OPD, diskusi dan Tanya jawab serta perumusan hasil dan penanda tangan hasil kesepakatan. (Hmskmf/Tatang) 

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close