HeadlineRagam

Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), Apa Itu?

BANDUNG,- Sebanyak 15 Kota/Kabupaten di Jawa Barat melaksanakan pemberlakukan New Normal di masa pandemi covid-19.

Selain istilah New Normal ada juga istilah Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Mungkin belum semua masyarakat memahami apa itu AKB. Namun, dilansir dari beberapa sumber AKB adalah istilah yang digunakan untuk memaknai new normal, yang merupakan kebiasaan baru warga Jabar di masa pandemi selama obat dan vaksin COVID-19 belum ditemukan.

Dalam hal ini, perilaku sehari-hari berubah secara sadar dan disiplin menjadi lebih higienis ketika diharuskan berdampingan dengan COVID-19.

“Kuncinya, terletak pada protokol kesehatan yang ketat dan tingkat kewaspadaan individu yang tinggi hingga dapat membantu menjalankan hidup aman, sehat, dan produktif,” kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam satu kesempatan.

Menurutnya, tTiga protokol kesehatan yang wajib dan perlu menjadi kebiasaan warga Jabar adalah penggunaan masker, sering mencuci tangan, dan wajib menjaga jarak aman minimal 1,5 meter dengan orang lain saat beraktivitas di luar rumah.

Jangan lupa, selalu perhatikan dan lindungi anggota keluarga yang rentan, terutama mereka yang lanjut usia, yang mempunyai penyakit penyerta seperti diabetes, hipertensi, gangguan paru, gangguan ginjal, penyakit autoimun dan kehamilan.

Emil berpesan kepada warga Jabar, hindari euforia dan jangan lepas kendali dengan dimulainya AKB di Zona Biru.

“Situasi bisa berubah sewaktu-waktu jika penularan COVID-19 kembali meningkat. Keberhasilan AKB di Jabar ada di tangan warga yang disiplin dan taat aturan,” tandas dia. [mae]

Tags
Selanjutnya

Related Articles

Back to top button
Close