Nasional

Setijadi; Angkut barang dengan kereta lebih efisien

Bandung, BEDAnews,-

Supply Chain Indonesia menggelar Seminar Pengangkutan Barang Dengan Truk atau Kereta Api di salah satu hotel di Kota Bandung, Sabtu (23/8/2014).

Hadir sebagai pembicara pada acara ini Direktur PT Lookman Djaja Kyatmaja Lookman, GM Sales & Corporate Development PT Sentra Logistik Esa Setia Wiguna, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah VI Jabar-Banten Dian Ediana Rae dan VP Freight Marketing, Sales & Customer Care PT KAI Hendy Helmy,

Setijadi dari Supply Chain Indonesia mengungkapkan penggunaan moda transportasi kereta api terbukti lebih efisien dan mampu mengurangi loss. “Kereta api punya kelebihan dalam hal ketepatan waktu, barang juga lebih cepat sampai tujuan,” kata Setijadi. Dari segi infrastruktrur jalur kereta api merupakan peringkat 3 di Asean dan cukup bagus untuk dikembangkan terutama untuk angkutan darat. Dengan kelebihan tersebut, banyak pelaku usaha mulai melirik angkutan barang berbasis kereta. Dengan menggunakan kereta, keamanan lebih terjamin dibanding menggunakan truk. “Pengawasan dilakukan secara secara terus menerus, begitu juga diatas kereta, dijamin bebas pungli dan minim kecelakaan,” urainya lagi.

Namun begitu, kata Setijadi,ada beberapa aspek yang perlu menjadi perhatian yakni aspek manajemen  dan aspek teknik. Dari segi aspek manajemen, imbuh Setijadi, kecepatan pelayanan dan penjadwalan frekuensi perjalanan harus dikelola dengan baik  “Dilihat dari aspek tekhnik, dengan PT KAI memilik jalur terbatas, dengan banyaknya kereta yang beroperasi, yakni kereta penumpang dan kereta logistik dapat mempengaruhi panjang rangkaian. Selain itu perlu dibuat juga stasiun khusus untuk  bongkar muat, “ paparnya. (Lanie)

Selanjutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close