TNI-POLRI

Pangdam Jaya Beri Penghormatan Terakhir Alm Letjen TNI (Purn) Mohammad Maruf

Jakarta, BEDAnews.com 

Seperti dalam sebuah kalimat bijak yang disampaikan oleh Presiden RI Pertama yaitu Ir. Soekarno yang berbunyi: "Bangsa Yang Besar Adalah Bangsa Yang Menghargai Jasa Para Pahlawannya."

Hal tersebutlah yang menjadi pedoman bagi Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Jaswandi pada siang ini yang turut serta memberikan doa dan penghormatan terakhir bagi Letnan Jenderal TNI (Purn) Mohammad Maruf yang di shalatkan di Masjid Al-Jihad Makodam Jaya oleh segenap Prajurit Kodam Jaya kemudian dimakamkan di Taman Makan Pahlawan Nasional Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (10/03/17).

Sedikit mengingat tentang Letnan Jenderal TNI (Purn) Mohammad Maruf yang merupakan alumni Akademi Militer Nusantara tahun 1965 yang setelah Purna tugasnya sebagai Prajurit TNI AD masih dipercaya mengemban jabatan strategis dilingkungan Pemerintah Republik Indonesia.

Adapun beberapa jejak karier terakhir Almarhum Letnan Jenderal TNI (Purn) Mohammad Maruf pernah menjabat Menteri Dalam Negeri ke-25 di dalam Kabinet Indonesia Bersatu. Sebelumnya, Almarhum menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Vietnam.

Baca Juga  Seskoad Sambut Tim Wasrik Itjenad

Sebelum pemakaman dilaksanakan, Upacara Militer dibuka dengan pembacaan Apel Persada oleh Menkopolhukam Jenderal TNI (Purn) Wiranto selaku inspektur upacara (Irup).

“Kegiatan ini memiliki arti yang sangat penting, di samping sebagai penghormatan kepada Almarhum yang telah mendarma baktikan seluruh jiwa raganya, juga sebagai bukti kebesaran bangsa Indonesia yang menghormati Pengabdian Pahlawannya,” terang Pangdam Jaya Mayjen TNI Jaswandi.

Turut hadir dalam pemakaman siang ini anatara lain mantan Presiden RI Jenderal TNI (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono, Wapres RI Jusuf Kalla, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono serta segenap para Pejabat Pemerintahan RI, Pejabat TNI dan Polri. (AS)

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close