Ragam

Musim Hujan, Babinsa Koramil 09/Cibarusah Tanggap Banjir

Bojongmangu, BEDAnews.com

Hujan deras yang telah mengguyur Kecamatan Bojongmangu kemarin pada hari Jumat (10/03/2017) sore sampai malam, benar-benar telah membuat kali Cihanjuang meluap.

Menghadapi situasi yang tergolong tanggap darurat tersebut, jajaran TNI AD melalui Satuan Komando Wilayah (Satkowil) Teritorial meningkatkan kewaspadaan untuk selalu memonitor setiap perkembangan dampak hujan yang dapat mengakibatkan bencana.

Pemantauan secara langsung di lokasi banjir dilakukan oleh Babinsa Bojongmangu Koramil 09/Cibarusah, Sertu Rusdi dengan mengerahkan para Pemuda dan rt, agar cepat tanggap mengambil tindakan menutup jalan apa bila kali cihanjuang meluap agar tidak terjadi hal-hal yg tidak di inginkan.

Dari pantauan Babinsa di lokasi banjir, beberapa ruas jalan sering digenangi air apa bila hujan 2 jam tanpa henti. Seperti jalan Utama kecamatan Bojongmangu, Tepatnya di wilayah RT.08 RW.03 kp. Cibeber Desa Bojongmangu Kecamatan Bojongmangu kerep di landa banjir dadakan setinggi 50 cm karena kali cihanjuang meluap, wilayah RW.03 ini merupakan wilayah yang kerap kali terdampak luapan kali cihanjuang sehingga menutup jalan raya utama kecamatan tepatnya samping Desa Bojongmangu sering terkena imbasnya sehingga tidak bisa di lewati oleh kendaraan roda dua dan roda empat, sehingga mengganggu aktivitas warga yang akan melintas melalui jalan raya utama kecamatan Bojongmangu karena luapan setinggi 50 sampai 60 cm dan berarus kencang.

Diketahui bahwa, banjir yang terjadi di wilayah Desa bojongmang, disebabkan air kali cihanjuag meluap. “Warga sekitar pengguna jalan harus waspada dan ber hati-hati, apabila air sungai cihanjuang yg meluap tidak segera surut supaya menghentikan laju kendaraannya karena dapat membahayakan warga yg melintas,” himbau Anggota Koramil 09 cibarusah Sertu Rusdi Alamsyah kepada warga.

Babinsa Bojongmangu tersebut menambahkan, pada pukul 20.30 WIB aliran kali Cihanjuang sudah surut, warga sudah dapat melintas kembali , serta kerugian materiil maupun personil nihil, situasi aman terkendali.

Sebelumnya, pesan Danramil 09 Cibarusah Kapten Inf Sugiman, sudah memerintahkan kepada para Babinsanya melaporkan situasi banjir dan luapan air di wilayahnya masing-masing. Dan apabila ada penonjolan segera dilaporkan. (MR)

Baca Juga  BJ Habibie, Mak Comblang Kota Bandung Dengan Forthworth

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close