TNI-POLRI

Kodim 0106/Ateng Gelar Uji Kemampuan Jabatan Teritorial Dan Intel

Takengon, BEDAnews.com

Kodim 0106/Aceh Tengah menggelar kegiatan Uji Terampil Perorangan Jabatan Teritorial ( UTP Jab Ter ) dan Uji Terampil Perorangan Jabatan Intelijen ( UTP Jab Intel ) Tahun 2017, bertempat di Komplek Markas Kodim 0106/Ateng Jl. Lut Tawar Kp. Bale Atu Kecamtan Lut Tawar, Aceh Tengah, Rabu (15/3/17).

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari dimulai tanggal 15 sampai 17 Maret tersebut, melibatkan sebanyak 418 Prajurit jajaran Kodim 0106, diantaranya terdiri dari Komando Latihan sebanyak 8 orang, penguji 12 orang, pendukung 10 orang, pelaku jabatan teritorial 372 orang dan pelaku jabatan intelijen sebanyak 16 orang.

Komandan Kodim 0106/Ateng-BM Letkol Inf Didit hari Prasetyo Putro S.I.P selaku pimpinan umum latihan melalui Komandan Latihan Danramil-07/Jagong Kapten Inf JK. Sitepu mengatakan , latihan UTP jabatan ini untuk mengetahui sampai sejauh mana penguasaan materi dan keterampilan yang dimiliki  para anggota, serta untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan prajurit Kodim dan Koramil dengan tingkat keterampilan dan jabatannya masing-masing.

Baca Juga  Polwan Berprestasi, AKBP Dr. Rani Wahyoe Prasanti, Sp.Pd, Tiap Hari Bergelut Dengan Covid-19

Komandan Latihan juga menjelaskan, adapun materi yang diujikan dalam latihan ini  yaitu meliputi Materi Sikap Teritorial, Lima Kemampuan Teritorial, Intel Teritorial, Pembinaan Ketahanan Wilayah, Pembinaan Perlawanan Rakyat, Komunikasi Sosial, Sistem Perencanaan dan pengendalian  pembinaan Teritorial.

Sambungnya, menyikapi era globalisasi dan modernisasi saat ini, kesiapan dan kecakapan prajurit sangat diperlukan.  “ Dengan UTP jabatan ini setiap prajurit harus mampu mengembangkan diri dan mengaplikasikannya agar menjadi aparat teritorial dan intelijen yang profesional, solid, berwawasan kebangsaan dan mencintai serta dicintai masyarakat,” ajak Komandan Kodim.

“Kepekaan dan kepedulian mutlak harus dimiliki oleh setiap prajurit TNI-AD didalam wilayah atau mayarakat agar tidak timbul gejolak dan persoalan, serta selalu dapat mendengar getaran  aspirsi apapun yang berkembang dan yang terjadi di wilayahnya dan dapat melaksanakan deteksi dini, cegah dini serta temu cepat dan lapor cepat terhadap ancaman yang dapat membahayakan keutuhan Bangsa dan negara Kesatuan Republik indonesia,” kata Dandim yang disampaikan  Komandan latihan. (MR)

Baca Juga  Seskoad Sambut Tim Wasrik Itjenad

 

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close
Close